Unika De La Salle

Unika De La Salle Siap Bentuk Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum

Unika De La Salle Manado akan mendirikan Organisasi Bantuan Hukum (OBH).

Unika De La Salle Siap Bentuk Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum
Mody Baureh 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Unika De La Salle Manado akan mendirikan Organisasi Bantuan Hukum (OBH).

"Pembentukan OBH juga didasarkan pada harapan pendiri Unika De La Salle Manado Uskup Emeritus Mgr. Joseph Suwatan saat masih menjabat sebagai Uskup Keuskupan Manado. Pihak Keuskupan ingin memiliki wadah tempat melakukan konsultasi terkait dengan hal-hal yang memiliki aspek hukum," tutur Mody G Baureh, SH, MHum, Humas Unika De La Salle.

Baureh mengatakan harapan Uskup Suwatan tersebut pula yang menjadi  satu alasan adanya Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unika De La Salle Manado.

Baca: Unika De La Salle Terima Mahasiswa Baru Program Beasiswa LPMAK

Adanya Fakultas Hukum pula bertujuan agar masyarakat pada umumnya dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan hukum yang memadai, agar mampu menyelesaikan persoalan-persoalan hukum di masyarakat. 

"Menanggapi perkembangan persoalan hukum yang terjadi di masyarakat, dan harapan dari pendiri Unika, maka pihak universitas dalam hal ini Rektor Prof Dr Johanis Ohoitimur menggagas untuk mendirikan OBH. Nama OBH ini yaitu Biro Konsultasi dan bantuan Hukum (BKBH) Unika De La Salle Manado, yang nantinya berada di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle dan berkoordinasi dengan Fakultas Hukum. Kami sedang mempersiapkan pendiriannya, diantaranya pembentukan tim kerja, serta keikutsertaan dalam FGD Identifikasi dan Penjaringan OBH yang dilaksanakan oleh KemenkumHAM RI Kanwil Sulut," katanya.

Baca: Bupati Raja Ampat Kunjungi Unika De La Salle

Ia mengatakan pendirian BKBH ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh pihak universitas. Dari aspek SDM, dosen-dosen Unika khususnya Fakultas Hukum dengan gelar akademik magister dan doktor di bidang hukum, serta pengalaman beracara di pengadilan sudah sangat berkompeten untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hukum yang sifatnya litigasi maupun non litigasi. 

"BKBH ini merupakan organisasi non profit karena dimaksudkan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh akses terhadap hukum. Semoga melalui kehadiran BKBH ini, masyarakat yang terjerat kasus hukum, khususnya yang berada di sekitar kampus Unika, namun kurang mampu dari segi ekonomi dapat memperoleh bantuan hukum secara cuma-cuma," ujar Baureh yang juga Ketua Tim Kerja Pembentukan BKBH.
 

Baca: Hari Ini, Unsrat Akan Gelar Seminar Nasional Persepsi III

 
 

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved