Tiga Jam Geledah Kamar Tahanan, Rutan Kotamobagu Temukan Handphone hingga Gunting

Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kotamobagu melaksanakan kegiatan rutin penggeledahan kamar tahanan.

Penulis: Handhika Dawangi | Editor: Siti Nurjanah
IST
Barang-barang yang ditemukan saat penggeledahan rumah tahanan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU -  Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kotamobagu melaksanakan kegiatan rutin penggeledahan kamar tahanan, Rabu (05/09/2018) malam.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga jam sejak pukul 19.00 Wita hingga pukul 22.00 dipimpin langsung Kepala Rutan (Karutan) Anton Heru Susanto Bc IP.

"Ini adalah kegiatan rutin kami setiap satu bulan satu kali. Untuk mengamankan barang-barang yang tidak boleh ada dalam kamar tahanan seperti sajam dan lainnya," ujar dia kepada Tribun Manado.

Namun lanjut karutan, penggeledahan juga bisa dilakukan secara mendadak pada waktu yang tidak ditentukan.

"Misalnya ada laporan, atau ada informasi kepada kita maka kami melakukan penggeledahan. Namun kita selalu berkelanjutan penggeledahan ini," ujar karutan.

Lanjut karutan, sesuai aturan yang ada baik di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ataupun Rumah Tahanan (Rutan) ketika kita mengetahui ada warga binaan yang menyimpan atau melanggar aturan kita amankan dan karantina.

"Kita berikan hukuman dengan memasukkan ke dalam sel untuk beberapa hari kedepan. Biasanya enam hari. Apabila ada perbaikan atau perubahan dari yang bersangkutan menyadari kesalahannya maka kita hentikan," ujar karutan.

Lanjut karutan, ketika yang bersangkutan tidak ada niat baik mengubah perilaku maka ditambah hukumannya.

"Kita tambah lagi enam hari. Begitu seterusnya. Ada dua kali enam hari," ujar karutan.

Hasil penggeledahan 52 kamar tahanan yakni satu unit handphone, gunting, pisau cutter, baterai handphone, pisau handphone dan pisau dumpul.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved