Kamaru Sebut 500 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Masyarakat Bolsel

Wabup Bolsel Iskandar Kamaru membeberkan, sebanyak 500 lembar sertifikat tanah gratis diserahkan sejak 17 Agustus 2018 lalu kepada masyarakat.

Kamaru Sebut 500 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Masyarakat Bolsel
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Berlangsungnya Bimtek di aula Kantor Camat Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, Senin (03/09/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru membeberkan, sebanyak 500 lembar sertifikat tanah gratis diserahkan sejak 17 Agustus 2018 lalu kepada masyarakat.

Hal tersebut diutarakan oleh Wabup saat memimpin rapat evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di aula Kantor Camat Bolaang Uki, Bolsel, Sulawesi Utara, Senin (03/09/2018).

"Seribu sertifikat adalah program dari pemerintah pusat program Pak Presiden Joko Widodo," terangnya.

Kata Wabup, warga yang punya tanah dan belum ada sertifikat kemudian sudah melaporkan ke badan pertanahan akan segera diproses.

"Oleh karena itu kita tunggu dan sebagian sertifikat ini sudah jalan, kerja sama Pemda dengan badan pertanahan," jelasnya.

Hal lain yang disampaikan oleh Wabup pada rapat yang dihadiri oleh camat, sangadi (kepala desa), perangkat desa, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait dengan pengelolaan Dana Desa (DD) agar berpedoman pada aturan.

"Kedepan juga ada program desa oleh Pak Presiden Joko Widodo dan akan dilaunching pada tanggal enam September di Lampung," jelasnya.

Di akhir sambutannya, Wabup menuturkan kedepan sistem pengelolaan program baik oleh OPD dan sangadi khususnya pengelolaan keuangan sudah akan menggunakan aplikasi.

"Saat ini ada beberapa desa yang ikut Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Sehingga jangan ada Sangadi yang mencoba-coba menabrak aturan. Ini saya dan pak bupati ingatkan kepada kalian," tandasnya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved