Asian Games 2018

Indonesia Fantastis di Asian Games: Silat Sumbang Emas Terbanyak

Indonesia fantastis! Banyak sejarah tercipta di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Tuan rumah meraih 98 medali,

Indonesia Fantastis di Asian Games: Silat Sumbang Emas Terbanyak
antara
Penutupan Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam. 


TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Indonesia fantastis! Banyak sejarah tercipta di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Tuan rumah meraih 98 medali, terbanyak sepanjang keikutsertaan di pesta olahraga terbesar Asian sejak 1951. Menyamai rekor tahun 1970 di Bangkok, Thailand, peringkat empat atau prestasi tertinggi setelah Asian Games 1962 di Jakarta. Indonesia ketika itu menempati peringkat kedua.

Paling fenomenal, prestasi cabang olahraga pencak silat. Pertama kali dipertandingkan, tuan rumah menyapu bersih 14 medali emas dari 16 kategori. Cabang ini sekaligus mengikis polarisasi politik menjelang Pilpres 2019. Dua capres, petahana Joko Widodo dan penantang Prabowo Subianto dipersatukan dalam satu panggung bahkan, sempat berpelukan.

‘Silat efek’ membuat adem politik nasional yang memang lagi panas. Prabowo sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) melayani Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga para menteri yang hadir di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Asian Games 2018 resmi berakhir. Tiongkok tampil menjadi juara umum untuk kesepuluh kalinya berturut-turut. Total, dalam tabel perolehan medali emas Asian Games 2018 Tiongkok mengoleksi 289 medali dengan perincian 132 medali emas, 92 perak, dan 65 perunggu. Sementara Jepang dan Korea Selatan berada di posisi kedua dan ketiga dengan total raihan 205 dan 177 medali.

Indonesia berada di posisi keempat klasemen akhir perolehan total 98 medali dengan perincian 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Bagi Indonesia, torehan ini telah melewati target sekitar 16-20 medali emas dan duduk di posisi 10 besar klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018.

Asian Games 2018 berhasil membangkitkan nilai persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia bersatu padu mendukung atlet Indonesia berjuang demi kehormatan Tanah Air dan secara bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Mulai dari upacara pembukaan yang spektakuler, pemecahan rekor-rekor baru, hingga antusiasme masyarakat yang membeludak, Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang sejak 18 Agustus hingga 2 September berhasil membuat kagum banyak orang di dunia.

Pujian terus mengalir bagi Indonesia karena berhasil menyelenggarakan sebuah multisport event yang berprinsip "beyond sports". Indonesia telah membuat standar tinggi, tidak hanya bagi tuan rumah selanjutnya, Hangzhou di Tiongkok, tetapi juga bagi Tokyo (Jepang) sebagai tuan rumah Olimpiade 2020.

Dengan berakhirnya Asian Games 2018, Indonesia harus menyerahkan tongkat estafet ke Tiongkok (Hangzhou) yang akan menyelenggarakan perhelatan serupa pada 2022.

Serah terima secara resmi akan dilaksanakan pada upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved