Polandia Kehilangan Lebih dari 5 Juta Warga saat Pendudukan Nazi

Sebuah komisi parlemen di Polandia melaporkan Jumat bahwa negara itu kehilangan lebih dari 5 juta warga dan lebih dari 54 miliar

Polandia  Kehilangan Lebih dari 5 Juta Warga saat Pendudukan Nazi
Timesofisrael.com
Foto dokumen markas Nazi di Warsawa, Polandia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WARSAWA - Sebuah komisi parlemen di Polandia melaporkan Jumat bahwa negara itu kehilangan lebih dari 5 juta warga dan lebih dari 54 miliar dolar Amerika Serikat (46,6 miliar euro) senilai aset di bawah pendudukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Komisi mengumumkan angka-angka sebagai bagian dari niat pemerintah Polandia saat ini untuk mencari kerugian dari Jerman. Dikatakan angka-angka itu perkiraan awal.

Dikutip dari timesofisrael.com, pemimpin Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, Jaroslaw Kaczynski, berpendapat bahwa sebagai negara pertama Nazi yang diserang pada tahun 1939, Polandia juga merupakan yang pertama yang membangun perlawanan dan menderita kerugian terbesar.

Para pengamat mengatakan, pembicaraan tentang mengejar kerusakan dari Jerman sebagian besar ditujukan kepada pemilih Polandia yang lebih tua. 

Polandia belum mengajukan banding resmi, dan Menteri Luar Negeri Jacek Czaputowicz mengatakan awal tahun ini bahwa masalah itu tidak membebani hubungan baik tetangga Warsawa dengan Berlin.

Polandia menghabiskan beberapa dekade di bawah dominasi Soviet setelah perang dan tidak dapat mencari kerusakan secara mandiri. 

Namun, Jerman telah melakukan pembayaran kepada orang-orang yang selamat dari kekejaman Nazi di Polandia.

Perhitungan awal yang dilakukan untuk komisi oleh para ahli universitas menyebutkan jumlah warga Polandia yang tewas dari tahun 1939 hingga 1945 menjadi 5,1 juta, termasuk 90 persen dari populasi Yahudi yang berjumlah sekitar 3,5 juta sebelum perang.

Kerugian di kota-kota diperkirakan bernilai 53 miliar zlotys ($ 14 miliar; 12 miliar euro,) dengan Warsawa sendiri terhitung lebih dari dua pertiga dari total biaya. Kerugian tambahan di bidang pertanian dan infrastruktur transportasi juga diperhitungkan.

Laporan lengkap diharapkan akan dipublikasikan tahun depan, kata kepala komisi Arkadiusz Mularczyk.

Jakiw Palij, mantan tentara Nazi yang sembunyi di AS
Jakiw Palij, mantan tentara Nazi yang sembunyi di AS (Timesofisrael.com)
Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved