Mooduto Pimpin Aksi Damai, PT Conch Bersikeras Menyerahkan Permasalahan Lewat Ranah Hukum

Jusuf Mooduto selaku tokoh masyarakat menuntut pembebasan terhadap 40 orang yang ditahan Polres Bolmong akibat kasus pencurian kabel milik PT Conch

Mooduto Pimpin Aksi Damai, PT Conch Bersikeras Menyerahkan Permasalahan Lewat Ranah Hukum
Ist
Direktur PT Conch Bolmong Mr Zheng, bersedia menemui warga dan menyampaikan melalui jubirnya, dengan tanggapan bahwa pihak perusahan bersedia menampung aspirasi dari ibu- ibu warga Kelurahan Inobonto Satu, dengan menerima mediasi beberapa orang perwakilan di kantor PT Conch. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

LOLAK, TRIBUNMANADO.CO.ID - Puluhan masyarakat Kelurahan Inobonto melakukan aksi damai di perusahaan PT Conch, Desa Solog, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sabtu (1/9/2018).

Koorlap Jusuf Mooduto tokoh masyarakat bersama masyarakat menuntut pembebasan terhadap 40 orang anggota masyarakat yang telah ditahan di Polres Bolmong karena permasahalan pencurian besi dan kabel milik PT Conch.

Kapolsek Lolak Akp Romel Pontoh tiba di TKP dan berusaha menenangkan warga untuk kembali kerumah masing-masing dan meminta perwakilan saja untuk masuk mediasi dengan Pihak Perusahan PT Conch.

Akhirnya Direktur PT Conch Bolmong Mr Zheng, bersedia menemui warga dan menyampaikan melalui jubirnya, dengan tanggapan bahwa pihak perusahan bersedia menampung aspirasi dari ibu- ibu warga Kelurahan Inobonto Satu, dengan menerima mediasi beberapa orang perwakilan di kantor PT Conch.

Tanggapan pihak perusahan ialah bersikeras tidak bersedia bernegosiasi dengan masyarakat, semuanya diserahkan kepada pihak Kepolisian apa pun tindakannya.

Permasalahan ini sepenuhnya tetap diserahkan ke ranah hukum. Pihak PT Conch tidak bersedia memediasi ataupun menemui siapapun yang sudah terlibat kasus pencurian ini.

Apabila permasalahan hukum ini sudah selesai baru kemudian pihak perusahan bisa menerima kelompok masyarakat tersebut.

Perusahan PT Conch telah merugi sebesar Satu Juta Dolar lebih, dan pihak perusahan tidak meminta ganti rugi kepada masyarakat, oleh karena itu Perusahaan sepenuhnya menyerahkan ke Jalur Hukum.

Kanit Intel Polres Bolmong berkata pihak kepolisian tetap melaksanakan penanganan kepada para pendemo sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Diharapkan kepada Pihak PT Conch untuk mengantisipasi keamanan dilingkungan perusahan, agar membuat surat pengajuan pengamanan ke Polres Bolmong," ujarnya.

Ia menambahkan, Polres akan melaksanakan langkah- langkah persuasif sesuai tahap- tahap penanganan.

Kapolsek Inobonto dan Kapolsek Lolak menyampaikan hasil rapat atau mediasi bahwa, pihak perusahan tetap menyerahkan proses hukum berjalan.

Oleh karena itu masyarakat diminta untuk bubar dan kembali kerumah masing- masing, karena permasalahan ini sedang dalam proses di Polres.

Mediasi antara perwakilan masyarakat Kelurahan Inobonto Satu yang di Wakili oleh Hi Jusuf Mooduto dengan Pihak PT Conch yang langsung diterima oleh Direktur Mr Zheng, dihadiri oleh Kasat Intel Polres Bolmong Akp Aroni Sismoro, Kapolsek Lolak dan Kapolsek Bolaang, untuk Koramil 09/Bolaang diwakili oleh Babinsa Serda Arman Ginoga.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved