Benarkah Disfungsi Ereksi Ada Kaitannya dengan Andropause?

Saat wanita berusia 40 tahun ke atas, mereka akan mengalami masa menopause atau penurunan alami pada hormon reproduksi wanita.

Benarkah Disfungsi Ereksi Ada Kaitannya dengan Andropause?
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat wanita berusia 40 tahun ke atas, mereka akan mengalami masa menopause atau penurunan alami pada hormon reproduksi wanita.

Menopause ditandai dengan 12 bulan sejak haid terakhir.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada pria, namanya andropause. Saat pria mengalami andropause, produksi hormon spermatozoa dan testosteron akan berkurang.

Terkait andropause yang dialami pria, banyak orang mengaitkannya dengan disfungsi ereksi. Benerkah keduanya sama?

Menurut dr. Nugroho Setiawan, ahli andrologi dari Rumah Sakit Umum Fatmawati, andropause menyebabkan penyerapan kalsium terganggu.

"Jadi kalau pria mengalami andropause, ia pasti mengalami gangguan seperti osteoporosis, punya keluhan badan lemas, loyo, mudah ngantuk, mudah capek. Suasana hatinya sering tidak enak karena badannya juga enggak enak," ujar Nugroho saat dijumpai dalam acara Sadari Penyebab dan Faktor Risiko Disfungsi Ereksi, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2018).

Sementara itu, disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan pria untuk mencapai ereksi yang sempurna saat melakukan hubungan seks. Disfungsi ereksi dapat disebabkan berbagai faktor seperti psikogenik, neurologi, dan yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Meskipun andropause da disfungsi ereksi merupakan hal berbeda, namun keduanya bisa memiliki hubungan.

"Keduanya tetap bisa kait mengkait. Sebagian besar pria yang andropause, akan mengalami disfungsi ereksi dan pria yang disfungsi ereksi bisa menjadi andropause. Tapi tidak semuanya. Ada sebagian yang andropause tidak mengalami disfungsi ereksi," paparnya.

Sebagai catatan, meski hormon testosteron pada pria andropause mengalami penurunan, hal ini tidak membuat mereka berhenti untuk melakukan hubungan seks.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved