Breaking News:

Menpora Semringah Emas Lampaui Target: Prabowo Akan Berikan Bonus Atlet Silat

Kontingen Indonesia hingga Senin (27/8), sudah berhasil meraih 22 emas, 15 perak dan 27 perunggu pada Asian Games 2018.

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
Puspa Arumsari, Atlet Pencak Silat Tambah Medali Emas 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kontingen Indonesia hingga Senin (27/8), sudah berhasil meraih 22 emas, 15 perak dan 27 perunggu pada Asian Games 2018.

Jumlah torehan emas itu melampaui target Menpora, Imam Nahrowi yang menginginkan agar Indonesia bisa meraih setidaknya 16 medali emas saja.

Torehan tersebut bahkan memecahkan rekor raihan medali emas saat event 5 tahunan tersebut digelar pada tahun 1962 ketika Indonesia juga menjadi tuan rumah.

"Per hari ini kita sudah melampaui Asian Games 1962," kata Imam di MPC Asian Games 2018, JCC, Jakarta Pusat.

Hal yang lebih membanggakan, sambung Imam, beberapa atlet peraih medali emas merupakan mereka yang cabang olahraganya juga dipertandingkan di Olimpiade.

"Hal yang paling penting juga kita berhasil meraihvmedali emas di sejumlah cabang olah raga Olimpiade. Salah satunya cabang olahraga angkat besi 62 kg, Eko Yuli Irawan, sempat mau dihapus tapi kami dari PB PASSI, Kemenpora dan Inasgoc berjuang akhirnya bisa kembali dipertandingkan," ujarnya.

Kemudian cabang olahraga panjang tebing dimana emas diraih oleh Aries Susanti Rahayu, Karate Kelas 60 kg Kumite oleh Rifki Ardiansyah Arrosyiid. Pasangan Ganda Campuran Tenis atas nama Christopher Ruangkat dan Aldila Sutjiadi, serta cabang olahraga dayung.

Bahkan beberapa cabang olahraga yang sebelumnya tak menjadi unggulan bagi Kontingen Indonesia, secara mengejutkan membuktikan kejayaannya.

"Lalu, setelah 18 tahun puasa medali emas, cabang tenis kembali meraih emas. Terakhir menang waktu Asian Games Bangkok 1990 yang diraih oleh Hary Suharyadi dan Yayuk Basuki," katanya.

Kemudian, terdapat pula atlet yang memecahkan rekor nasional, seperti atlet lompat jauh, Sapwatturahman. Ia memecahkan rekor lompatan sejauh 8.09 meter, atau memecahkan rekor yang diraihnya sendiri yang sebelumnya hanya 7.98 meter saja.

Pesilat Indonesia Abdul Malik (kanan) bertanding melawan pesilat Vietnam Dinh Tuan Nguyen (kiri) dalam babak 16 besar Kelas B Putra Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (23/8)/2018.
Pesilat Indonesia Abdul Malik (kanan) bertanding melawan pesilat Vietnam Dinh Tuan Nguyen (kiri) dalam babak 16 besar Kelas B Putra Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (23/8)/2018. ((ANTARA FOTO/INASGOC/MELVINAS PRIANANDA))
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved