Kemeriahan Pembagian Daging Kurban di Bolsel

Pembagian daging hewan kurban pada hari raya Iduladha 1439 Hijriyah Rabu (22/8) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tampak meriah.

Kemeriahan Pembagian Daging Kurban di Bolsel
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Suasana pemotongan hingga pembagian daging kurban, Rabu (22/08/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Pembagian daging hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah Rabu (22/8) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tampak meriah sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana yang terlihat di Desa Milangodaa Utara Kecamatan Tomini, masyarakat tampak antusias membantu proses penyembelihan sapi kurban.

Ada yang membawa parang, ada yang membawa pisau, dan ada juga yang membawa tali digunakan sebagai alat pengikat kaki dan leher sapi.

Dengan teknik sekali dorong sapi bali dan ongole akhirnya jatuh ke tanah lalu disembelih oleh warga.

Darah pun mengalir keras mengucur masuk kedalam lubang yang digali oleh masyarakat sebagai wadah penampung agar tidak meluber disana-sini.

Setelah beberapa menit dibiarkan dan dipastikan telah mati, para penyembelih menguliti semua sapi kemudian merombak dan memenggal-menggal kemudian dibagikan kepada masyarakat.

"Dari tahun ke tahun antusias masyarakat menyambut dan menyelenggarakan hari raya Idul Adha semakin besar sejalan dengan visi yang dibawa yaitu religius," ujar Camat Tomini Suprin Mohulangio.

Sementara itu tampak kepala sapi dijadikan objek oleh warga untuk berfoto ria sebagai wujud ungkapan syukur bisa bersama-sama merayakan hari raya tersebut.

"Terima kasih kepada pemerintah dan seluruh elemen masyarakat yang bersama-sama berkurban," tandas Camat.

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved