Ini Imbauan Kepala BPBD Sitaro Charlton Wuaten di Musim Kemarau

Kemarau panjang tak hanya berdampak pada kesulitan air bersih yang dialami masyarakat. Ancaman kebakaran lahan dan hutan patut diwaspadai.

Ini Imbauan Kepala BPBD Sitaro Charlton Wuaten di Musim Kemarau
Ist
Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Bob Wuaten. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Kemarau panjang tak hanya berdampak pada kesulitan air bersih yang dialami masyarakat. Ancaman kebakaran lahan dan hutan patut diwaspadai.

Di Kabupaten Kepulauan Sitaro Kekeringan memang menjadi momok bagi warga. Dampak pun sudah dirasakan beberapa waktu, warga harus alami kesulitan air bersih, namun kebakaran hutan dan lahan juga mengancam.

"Sebagaimana di 2015 lalu kemarau panjang sempat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan," kata Kaban Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Charlton Wuaten, Rabu (15/8).

Kata Wuaten, untuk tahun ini pihaknya telah mengambil sikap memantau kondisi beberapa wilayah yang tergolong rawan terjadinya kebakaran. Sejumlah wilayah, termasuk beberapa kampung di depan pula Siau termasuk daerah yang menjadi perhatian.

"Karena di Sitaro tidak ada lahan gambut, maka ilalang yang kering dapat memicu timbulnya kebakaran. Dan cara praktis membuka lahan dengan dibakar menjadi pemicu lainnya," terangnya. (oly)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved