Pemeriksaan Kesehatan

Capres-Cawapres Lolos Pemeriksaan Kesehatan, Ini Kisah Gus Dur yang Tak Lolos saat Pilpres 2004

Dalam pilpres 2004 silam, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah mengalami gagal tes kesehatan untuk menjadi calon presiden.

Capres-Cawapres Lolos Pemeriksaan Kesehatan, Ini Kisah Gus Dur yang Tak Lolos saat Pilpres 2004
KOLASE TRIBUNMANADO/KOMPAS/TRIBUNNEWS
Gus Dur, Jokowi dan Prabowo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Arief Budiman menyatakan seluruh bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden  cawapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dinyatakan memenuhi syarat dalam pemeriksaan kesehatan.

Hal ini duangkapkannya usai menerima hasil pemeriksaan kesehatan yang diserahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, pada Selasa (14/8/2018) malam.

Baca: Ini Jumlah Harta Kekayaan Prabowo Subianto

"Jokowi (Joko Widodo) saat ini tidak ditemukan ketidakmampuan dalam bidang rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Presiden. Tidak ditemukan atau negatif penyalahgunaan narkotika psikotropika dan zat adiktif, memenuhi syarat," kata Arief dilansir dari Kompas.com

 
Arief selanjutnya membacakan hasil pemeriksaan kesehatan tiga kandidat capres-cawapres lainnya. Baik Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto, maupun Sandiaga Uno, dinyatakan memenuhi syarat seluruhnya.

Sebelumnya, pasangan Jokowi-Maruf melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8), mendahului pasangan Prabowo-Sandiaga yang melakukan pemeriksaan kesehatan, Senin (13/8).

GUS DUR22
GUS DUR22 (Net)

Kisah Gus Dur Saat Tak Lolos

Dalam pilpres 2004 silam, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah mengalami gagal tes kesehatan untuk menjadi calon presiden.

Saat itu, Gus Dur yang berpasangan dengan Marwah Daud dinyatakan tidak lolos kesehatan oleh KPU RI.

KPU menyebut tak lolosnya Gus Dur dan Marwah Daud atas rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Dilansir, Harian Kompas Sabtu (15/5/2004) Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa Abdurrahman Wahid tak memenuhi syarat kemampuan secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas kewajiban sebagai presiden.

Halaman
123
Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved