89 Siswa Dilatih Fisik dan Mental di Perkemahan Saka Dirgantara

Siswa dari delapan sekolah di Manado dan Minahasa mengikuti Perkemahan Pengambilan Badge Saka Dirgantara

89 Siswa Dilatih Fisik dan Mental di Perkemahan Saka Dirgantara
ISTIMEWA
Siswa dari delapan sekolah di Manado dan Minahasa mengikuti Perkemahan Pengambilan Badge Saka Dirgantara Sulawesi Utara tahun 2018. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Siswa dari delapan sekolah di Manado dan Minahasa mengikuti Perkemahan Pengambilan Badge Saka Dirgantara Sulawesi Utara tahun 2018.

"Kegiatan yang diikuti oleh 89 siswa ini dilaksanakan di Bumi Pekemahan Saka Dirgantara Manado, samping Lanudal pada 5 Agustus 2018," ujar Kapentak Lanudsri Mayor Udara Johny Gumansalangi kepada Tribun Manado, Selasa (7/8/2018).

Delapan sekolah yakni SMA 3 Tondano, SMA 1 Langowan, SMK 1 Langowan, SMA 1 Kawangkoan, SMA 14 Februari Tateli, SMK 1 Airmadidi, MAN Model Manado dan SMA Muhammadiyah Ratatotok.

Menurut Gumansalangi, kegiatan ini dilaksanakan merupakan usaha Lanud Sam Ratulangi Manado dalam rangka menumbuhkan minat Dirgantara di kalangan generasi muda Sulawesi Utara.

Perkemahan yang dilaksanakan merupakan kelanjutan dari giat perkemahan yang telah diadakan beberapa waktu yang lalu dengan materi dasar berupa pengenalan tentang Saka Dirgantara.

"Perkemahan kali ini merupakan perkemahan pengambilan badge dengan uji fisik dan mental juang serta pengetahuan kedirgantaraannya bagi seluruh peserta," ujarnya.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Insan Nanjaya SH M Avn Mgt sebagai inisiator acara pengambilan badge ini dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Nav Wahyu Pratomo Pujo Wahono SH, bahwa pembinaan minat dirgantara untuk generasi muda dapat dicapai salah satunya dengan mengikuti Perkemahan Saka Dirgantara.

"Pengambilan Badge Saka Dirgantara merupakan sarana menanamkan mental juang Dirgantara selain pembekalan pengetahuan tentang kedirgantaran, pembinaan bela negara serta pembinaan fisik dan mental juang bagi anggota Saka Dirgantara," ujar dia.

Materi yang diberikan antara lain adalah Peraturan Baris Berbaris, (PBB), empat pilar kebangsaan, Olahraga Dirgantara yakni paralayang dan demo aeromodeling, pengetahuan pesawat terbang, pengenalan senjata, bongkar pasang tenda, serta acara tradisi pengambilan badge yang dikemas dalam bentuk latihan berganda semi militer dan diawali dengan acara pendadakan.

Perkemahan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Jumat tanggal 3 Agustus 2018 dan diakhiri pada hari Minggu tanggal 5 Agustus 2018 dibuka dan ditutup oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Sam Ratulangi sebagai wakil Komandan Lanud Sam Ratulangi.

Acara penutupan yang dilaksanakan pada hari Minggu ditandai dengan Upacara pemasangan Badge Saka Dirgantara dan Penyerahan Ijazah

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved