Panitia TIFF Sudah Siap 90 Persen

Beberapa kegiatan selain kegiatan utama pada 8 Agustus ToF mendatang, bakal dilaksanakan pihak panitia.

Panitia TIFF Sudah Siap 90 Persen
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Konferensi Pers Panitia TIFF 2018 di Objek Wisata Puncak Rurukan, Senin (30/07/18) sore hingga malam. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON – Hingga saat ini yang sudah konfirmasi untuk hadir di TIFF 2018, sekitar 30 duta besar.

Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia TIFF 2018 Correta Louise Kapoyos saat dialog Pemerintah Kota Tomohon dengan insan pers di Objek Wisata Puncak Rurukan, Senin (30/07/18) sore hingga malam.

Konferensi pers itu berkaitan dengan kesiapan Pemerintah Kota Tomohon dalam menggelar event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018.

Lanjut Kapojos, Kedatangan mereka sekaligus mengikuti acara diplomatik Tour di Kota Tomohon.

Kemudian ada Prince and Princess of Georgia yang sudah menyatakan hadir bersama 14 orang dari Georgia dan beberapa pengusaha.

Ada juga beberapa datuk dan datik dari Malaysia, tamu-tamu sebanyak 12 negara plus Indonesia 11 negara dari Council Of Asian Flower Exhibiton (CAFE).

"Kebetulan tahun ini Tomohon masuk dalam negara-negara CAFE dan mereka akan mengadakan pertemuan ketiga yang sengaja dilaksanakan di Tomohon bersamaan dengan pelaksanaan TIFF 2018," ujarnya.

"Kami panitia sudah 90 persen siap. Mudah-mudahan ini tidak ada perubahan, kemarin kami mendapat berita dari gubernur yang kebetulan berada di Jepang yang mengatakan ibu Menteri Puan Maharani akan hadir di TIFF 2018 kali ini. Dan kami juga masih menunggu kepastian dari RI 1 sempat kemarin ketemu sespri presiden masih menunggu karena di tanggal delapan ada dua acara selain TIFF ada juga peresmian GWK di Bali. Siapa tahu dengan kekuatan doa dari seluruh masyarakat Tomohon beliau bisa hadir di sini," jelasnya.

Lanjutnya, beberapa kegiatan selain kegiatan utama pada 8 Agustus ToF, pihaknya juga mengadakan event lainnya yaitu expo pada 7-12 Agustus kemudian ada Jungle Flower Enduro (JFE) sekitar 300 peserta dari Jepang, Australia, Malaysia dan Singapura sudah menyatakan untuk ambil bagian, juga paduan suara.

"Kemudian ada juga pemecahan rekor MURI yang kami sengaja ambil 888 pelajar SD dan SMP. Mereka akan merangkai bunga dan kita akan memecahkan rekor MURI yang tahun lalu masih dipegang oleh Batu Malang dan kita akan mencoba memecahkan di Tomohon ini. Kenapa 888 karena ini merupakan TIFF ke-8 yang dilaksanakan tanggal 8 di bulan 8 dan mudah-mudahan ini akan berlangsung dengan sukses dengan support dari seluruh masyarakat Tomohon," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menambahkan, kegiatan-kegiatan TIFF sebagai pemerintah sudah sangat siap untuk menggelar event yang ke-8 ini.

Dan secara teknis ada beberapa SKPD yang diundang untuk bertanggung jawab di bawah kendali ketua panitia seperti masalah stok bunga ada Kadis Pertanian, untuk Jungle Flower Enduro ada Kadispora dan pemecahan rekor MURI di bawah tanggung jawab dari Kadis Dikbud dan Disnaker.

"Saya dan ibu Wawali akan memonitoring kegiatan ini, dan jadi penasehat," Kata Eman.

Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SEAk, Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, Dirut TVRI Helmy Yahya, Kepala TVRI Stasiun Manado, Ketua Panitia Correta Louise Kapoyos, Kapolres Tomohon, AKBP IK Agus Kusmayadi, Anggota DPRD Tomohon Piet HK Pungus, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Joy Pallingan dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved