Jelang Pengucapan Syukur Tomohon pada 12 Agustus, Pengusaha Babi Putar Banjir Orderan

Jelang pengucapan Kota Tomohon pada 12 Agustus 2018, para pemilik usaha babi putar banjir pesanan

Jelang Pengucapan Syukur Tomohon pada 12 Agustus, Pengusaha Babi Putar Banjir Orderan
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Babi putar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Jelang pengucapan Kota Tomohon pada 12 Agustus 2018, para pemilik usaha babi putar banjir pesanan.

Menurut Ronny Mongkareng, owner Babi Putar Anna Chin, dirinya agak kewalahan menerima order pesanan babi putar jelang pengucapan syukur.

Ronny Mongkareng menggeluti usaha babi putar sejak 1978. Awalnya, ia bersama dengan beberapa saudaranya yang melakukan proses pembersihan hingga pemanggangan daging babi ini.

"Dulu saya dan sudara saya yang memanggang, puji Tuhan karena kehendak-Nya, usaha ini bisa berkembang dan saat ini saya sudah memiliki 10-15 karyawan, sehingga sedikit ringan karena sudah ada orang kerja," kata dia.

Ia kewalahan menerima orderan babi putar untuk jelang pengucapan syukur.

"Memang saat ini orderan membludak, tapi kami sudah list sejak jauh-jauh hari yang order," kata dia.

Dibandingkan dengan hari biasa, orderan babi putar mencapai 100 persen.

"Kalau hari-hari biasa itu banyak yang order di weekend, Sabtu dan Minggu, itu biasa kami panggang 10-20 ekor babi," kata Ronny yang sudah kurang lebih 40 tahun menggeluti usaha babi putar ini.

Setiap order pihaknya harus memilih sesuai dengan orderan dan pasokan babi serta bertahap.

"Tidak semua order kita terima. Order terbatas untuk sampai makan siang. Jadi kita memanggang babi sesuai dengan kemauan konsumen ingin diantar atau mengambil langsung siang hari, sore maupun malam," ujarnya.

Untuk hari-hari besar seperti tahun baru dan Natal ia mengatakan, dalam sehari ia bisa menjual daging babi jika ditotalkan mencapai 1.500-2.000 kilogram daging babi .

Setiap hari ia harus melayani orderan. "Kita setiap hari buka, justru hari libur biasanya banyak yang pesan, pelayanan konsumen yang paling utama, untuk tahun ini tidak ada kenaikan harga untuk babi putar karen stok ada," ujar dia.

Lanjut dia, pada pengucapan ada sekitar 60 ekor babi yang harus diguling. Omset dari hasil keseluruhan Rp 60 juta pas pengucapan.

Daging babi ia harus memasok dari Sulawesi Tengah dan daerah Bolaang Mongondow serta Langowan.

"Kami masih membuka orderan, pesanan di luar Kota Tomohon dikenakan biaya ongkos kirim sesuai jangkauan jarak," katanya. (fer)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved