Inilah Sejarah Singkat Kabupaten Boltim

Seiring dengan bergulirnya reformasi dan perjalanan waktu, tuntutan akan pemekaran merupakan fenomena yang harus disikapi dan ditindaklanjuti.

Inilah Sejarah Singkat Kabupaten Boltim
TRIBUN MANADO/DAVID MANEWUS
Marsaoleh (kiri) 

Oleh:
Ketua DPRD Boltim, Marsaoleh Mamonto

DIBACAKAN saat upacara HUT ke-10 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, secara historis Kotabunan dan Kecamatan Modayag merupakan dua kecamatan yang menjadi cikal bakal terbentuknya daerah pemekaran Kabupaten Boltim yang kaya beragam potensi Sumber Daya Alam (SDA).

Seiring dengan bergulirnya reformasi dan perjalanan waktu, tuntutan akan pemekaran merupakan fenomena yang harus disikapi dan ditindaklanjuti.

Hak ini terlihat di dua wilayah di Kecamatan bagian timur Kabupaten Bolmong yaitu kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Modayag.

Tindak lanjut dari masyarakat, maka wilayah kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Modayag berhasil dimekarkan.

Masing-masing untuk Kecamatan Kotabunan dimekarkan menjadi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kotabunan, Kecamatan Nuangan dan Kecamatan Tutuyan.

Sedangkan Kecamatan Modayag dimekarkan menjadi dua kecamatan yakni menjadi Kecamatan Modayag dan Modayag Barat.

Dengan telah terbentuknya lima kecamatan di wilayah Bolmong bagian Timur, gaung pemekaran untuk membentuk kabupaten baru mulai didengungkan oleh seluruh komponen masyarakat.

Gaungpun bersambut, bak bulan purnama menerangi kegelapan, membawa sinar dan harapan menyongsong terbentuknya Boltim.

Untuk mewujudkan keinginan masyarakat akan pemekaran wilayah Boltim menjadi daerah otonomi baru, oleh bupati Bolmong pada waktu itu Ny Dra H J Marlina Moha Siahaan bunda pembaharu tanah totabuan dan wakil bupati bapak Drs Sehan Mokoagow bersama seluruh komponen masyarakat Bolmong melalui panitia pemekaran Kabupaten Boltim serta presidium pemekaran bolaang mongondow raya, berkomitnen untuk memperjuangkan daerah otonom baru.

Halaman
1234
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved