Dosen Hukum Unsrat Manado Sebut Penangkapan Hendra Jacob Tidak Lazim

Ditreskrimsus Polda Sulut melakukan penangkapan terhadap Hendra Jacob, Rabu (25/7/2018) pukul 13.00 Wita.

Dosen Hukum Unsrat Manado Sebut Penangkapan Hendra Jacob Tidak Lazim
Ist
Ralfie Pinasang, Dosen Fakultas Hukum Unsrat Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ditreskrimsus Polda Sulut melakukan penangkapan terhadap Hendra Jacob,  Rabu (25/7/2018) pukul 13.00 Wita.

Hendra Jacob jadi Tersangka dugaan laporan kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Jackson Kumaat.

Tim mendatangi langsung kediaman Hendra Jacob di Satu Perumahan di Winangun. Namun Hendra Jacob tidak ada. Dia telah datang sendiri ke Mapolda Sulut.

Kasubdit Dua Cyber Crime dan Perbankan AKBP Iwan Permadi mengatakan Hendra Jacob datang tidak sesuai dengan waktu yang ditetapkan penyidik dalam surat panggilan. Dipanggil menghadap pukul 09.00 Wita, Hendra Jacob datang pada pukul 13.15 Wita.

Baca: Hendra Jacob Ditangkap Polisi, KPU Tunggu Putusan Inkrah

Setelah tim Polda Sulut tidak menemui Hendra Jacob di kediamannya, tim pun kembali ke Mapolda Sulut. Mereka mendapati Hendra Jacob berada di satu ruangan penyidik di Lantai Satu Mapolda Sulut.

Tim kemudian diperintahkan oleh kasubdit untuk memborgol Hendra Jacob kemudian diarahkan masuk ke dalam satu ruangan penyidik.

Baca: Kerahkan Tim Bersenjata, Ini Tanggapan Polda Sulut terkait Penangkapan Tersangka Hendra Jacob

Menurut Dr Ralfie Pinasang SH MH, Dosen Universitas Sam Ratulangi Manado hal itu tidak lazim dilakukan.

"Menurut saya sebagai akademisi dan pengamat hukum itu tidak lazim dilakukan. Karena dia (Hendra Jacob) ada itikad baik untuk datang," ujar Dr Ralfie kepada Tribun Manado, Rabu (25/7/2018).

Lanjut Dr Ralfie Pinasang SH MH untuk penangkapan itu wajar dilakukan. "Penangkapan dilakukan tergantung penyidik. Ketika penyidik merasa tersangka itu membahayakan, akan melarikan diri, ataupun akan menghilangkan barang bukti maka bisa dilakukan penangkapan. Itu tergantung penyidik," ujar dia.

Namun lanjut Dr Ralfie ketika sudah dilayangkan surat panggilan, dan tersangka tidak datang sama sekali maka itu pun tergantung penyidik mau tangkap atau tidak.

"Kalau dia tidak datang maka penyidik bisa melakukan penangkapan," ujar dia.

Baca: Penangkapan Tersangka Hendra Jacob, Polda Kerahkan Tim Bersenjata ke Rumahnya, HJ Malah di Mapolda

Dr Ralfie menambahkan setelah penetapan tersangka, tetap tergantung penyidik apakah akan melakukan penangkapan atau tidak.

"Kembali lagi saya sampaikan bahwa itu tergantung penyidik. Ketika penyidik merasa tersangka itu membahayakan, akan melarikan diri, ataupun akan menghilangkan barang bukti maka bisa dilakukan penangkapan," ujar dia. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved