(VIDEO) Cak Imin Cerita Pernah Desak Arab Saudi Kerja Sama dengan Indonesia Soal Buku Tentangnya

Dalam buku tersebut dikisahkan juga bahwa dirinya orang yang pertama kali melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Arab Saudi.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar berbagi pengalaman saat menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam buku berjudul "Gagasan Cak Imin".

Dalam buku tersebut dikisahkan juga bahwa dirinya orang yang pertama kali melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Arab Saudi.

Menurut Cak Imin, waktu itu Raja Arab enggan membuat MoU dengan Indonesia.

"Saya orang pertama kali yang mau membuat Arab MoU dengan negara lain. Di atas kertas menjadi komitmen," ujar Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Cak Imin mendesak Arab Saudi untuk membuat perjanjian MoU mengenai tenaga kerja Indonesia. Langkah pertamanya, memberhentikan pengiriman TKI ke luar negeri.

Hingga, Pemerintah Arab Saudi kesulitan mencari tenaga kerja. Lalu, Menteri tenaga kerja Arab Saudi mengunjungi Indonesia untuk bertemu dengan Presiden SBY. Arab Saudi pun menyepakati kerja sama mengenai pengiriman tenaga kerja dengan Pemerintah Indonesia.

"Waktu itu saya lagi ibadah di Arab, ditelepon dari Istana ada yang mau ketemu Menteri Tenaga Kerja Arab. Ibadah tidak tuntas akhirnya saya menemui Menteri Tenaga Kerja Arab untuk membuat MoU," kata Cak Imin.

Buku "Gagasan Cak Imin untuk Perlindungan Pekerja Migran Indonesia" ini ditulis Miftah Farid. Buku itu menceritakan kisah Cak Imin melindungi TKI ketika menjadi Menakertrans di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Simak video di atas!(Tribunnews.com/Dennis Destryawan)

Berita ini sudah dimuat Tribun-Video dengan judul Buku Tentangnya Diluncurkan, Cak Imin Cerita Pernah Desak Arab Saudi Kerja Sama dengan Indonesia

Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved