Susi dan Sri Pendamping Ideal Jokowi: Khofifah-Retno-Yohana Banyak Prestasi

CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi, mengungkapkan peran perempuan sangat penting menjelang Pilpres 2019.

Susi dan Sri Pendamping Ideal Jokowi: Khofifah-Retno-Yohana Banyak Prestasi
TRIBUNNEWS
Magfud MD, Jokowi dan Sri Mulyani 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi, mengungkapkan peran perempuan sangat penting menjelang Pilpres 2019. Airlangga mengatakan, calon wakil presiden (cawapres) di kalangan perempuan juga perlu dipertimbangkan.

“Kita tidak bisa kemudian mengabaikan peran penting perempuan dalam proses politik menjelang 2019. Misalnya sebagai bursa cawapres juga dalam konteks pemenangan pilpres,” ujar Airlangga di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (22/7/2018).

Menurutnya, kepemimpinan perempuan sudah teruji saat di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Beberapa menteri dalam Kabinet Kerja, sebut Airlangga, diisi kaum hawa, misalnya Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim terpilih) yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Sosial.

Kemudian Menteri PMK Puan Maharani, Menteri PPPA Yohana Susana Yembise, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menkeu Sri Mulyani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dijelaskan Airlangga, menteri dari kalangan perempuan itu telah menunjukan bahwa kemampuan perempuan tidak kalah dengan laki-laki.

“Bicara pada pemerintahan Jokowi-JK satu hal yang menarik adalah bahwa menteri-menteri atau pemimpin-pemimpin perempuan memiliki peran yang sangat luar biasa, bahwa capaian-capaian prestasi positif dari Presiden Jokowi itu salah satu saham terbesar di dalamnya (adalah perempuan),” kata dia.

Airlangga menjelaskan, contoh menteri Jokowi yang berprestasi adalah Khofifah Indar Parawansa yang berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 0,41 menjadi 0,39 persen atau 2 persen.

Selain itu, Menteri KKP Susi Pudjiastuti dianggap telah mampu menerapkan kebijakan Jokowi dengan baik. “Masa Susi dengan kemampuannya untuk menegaskan kebijakan bahwa perlindungan sumber daya bahari di Indonesia dan kepentingan kaum nelayan itu menjadi yang utama,” tuturnya.

Selain dua Menteri tersebut, juga ada Menlu Retno yang berhasil menjaga diplomasi politik luar negeri Indonesia. “Menteri luar negeri yang berhasil menjaga diplomasi Indonesia agar tetap pro terhadap kemerdekaan Palestina juga kemudian berhasil menempatkan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB,” jelasnya.

Sedangkan, Sri Mulyani sebagai Menkeu berhasil mendukung kebijakan-kebijakan infrastruktur Jokowi. “Nah ini menunjukkan bahwa di kalangan pemerintahan Jokowi ketika ditanyakan tentang prestasi-prestasi yang muncul itu adalah figur-figur dari kalangan perempuan,” kata Airlangga.

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto ()
Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved