Jika Tak Mampu Bekerja, Menteri BUMN Rini Soemarno Mundur Saja

Rini dianggap tak mampu bekerja dan mempertahankan perusahaan BUMN untuk menyejahterakan rakyatnya sendiri.

Jika Tak Mampu Bekerja,  Menteri BUMN Rini Soemarno Mundur Saja
KOMPAS.com/ICHA RASTIK
Rini Soemarno 


TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri BUMN Rini Soemarno dituntut untuk segera mundur dari jabatannya oleh ribuan pekerja Pertamina yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina (FAPPB), Jumat (20/7).

Seperti dilansir CNN Indonesia, mereka menyampaikan tuntutan itu saat menggelar demonstrasi di depan Gedung Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Alasan ribuan pendemo dari berbagai daerah di Indonesia itu menuntut Rini mundur karena dianggap tak mampu bekerja dan mempertahankan perusahaan BUMN untuk menyejahterakan rakyatnya sendiri.

"Kalau tak mampu bekerja, Bu Rini turun saja. Masih banyak orang mampu yang mau dengarkan permintaan rakyatnya," ujar Bagus

Menurut Ketua Umum serikat pekerja pertamina Bagus Bramantio. Mereka juga menuntut agar CSPA dibatalkan, serta seluruh proses akuisisi tersebut dihentikan.

Disebutkan, keputusan akuisisi dari tiga opsi ini terlalu terburu-buru, tanpa kajian dan tidak transparan.

Menurut Bagus, akuisisi perusahaan yang sepenuhnya milik BUMN kepada perusahaan publik ini berdampak pada transfer profit kepada pihak asing. Bahkan mengancam kedaulatan kepemilikan perusahaan BUMN yang semestinya dikelola negara.

Selain itu, lanjut Bagus, akuisisi ini juga dianggap bertentangan dengan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, dimana perbuatan hukum dalam proses penggabungan atau pengambilalihan perseroan wajib memperhatikan kepentingan karyawan yakni aspirasi para pekerja itu sendiri. (*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved