Usai Lebaran, Gas Elpiji 3 Kg Langka di Bolsel

Hampir sepekan kelangkaan gas LPG ukuran tiga kilo gram (3 kg) terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Usai Lebaran, Gas Elpiji 3 Kg Langka di Bolsel
Tribun Manado

TRIBUN MANADO.CO.ID,MOLIBAGU - Hampir sepekan kelangkaan gas LPG ukuran tiga kilo gram (3 kg) terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Beredar kabar hal tersebut diakibatkan dari tingginya permintaan pasokan gas melon pada Ramadan lalu.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rizki Ramli, di Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang), Rabu (11/07).

Kata dia, kuota untuk Bolsel sebanyak 63 truk per bulan, tapi saat Ramadan lalu permintaan ditingkatkan menjadi 75 truk untuk di suplai ke seluruh desa-desa yang memiliki pangkalan.

"Usai Idulfitri kuota kita berkurang sebanyak tiga truk setiap harinya, diperkirakan ini akan berlangsung sampai Oktober nanti," ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak terjadi kelangkaan pasca lebaran sebab kuota per daerah belum ditentukan seperti saat ini.

"Tahun ini, Kementerian ESDM sudah menentukan kuota LPG subsidi per daerah. Bolsel mendapat kuota 63 truk. Jumlah ini dinilai mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setiap bulannya," terangnya.

Tambahnya, pihaknya tidak bisa mengajukan permintaan penambahan kuota demi keseimbangan pasokan kedepan sehingga tidak akan terjadi kelangkaan dengan jangka waktu panjang.

"Kalau sekarang kita mengajukan permintaan kuota, maka LPG akan langka saat Desember nanti. Sementara, saat Desember umat kristiani akan merayakan Natal. Otomatis permintaan akan meningkat," ujar Rizki.

Di sisi lain dia mengatakan, untuk mengantisipai kelangkaan gas hijau ini, maka pihak Pertamina mengeluarkan LPG 3 kg  atau elpiji pink non subsidi.

"Pertamina belum menentukan harga lpg non subsudi ini. Jika sudah dipasarkan, gas non subsudi ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kelangkaan," tandasnya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Arthur_Rompis
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved