Suprin Harapkan Pupuk dari DPKP Bolsel

Berbagai program pertanian tengah dikembangkan, satu di antara program pemanfaatan sejengkal tanah untuk lahan pertanian jagung.

Suprin Harapkan Pupuk dari DPKP Bolsel
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Camat Tomini Suprin Mohulangio 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Camat Tomini Suprin Mohulangio berharap agar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) memperhatikan penyaluran pupuk ke wilayahnya di Panango Kecamatan Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara.

Mengingat berbagai program pertanian tengah dikembangkan, satu di antara program pemanfaatan sejengkal tanah untuk lahan pertanian jagung.

"Sekarang petani sangat berharap produksi pupuk dari pihak ke tiga dari Gorontalo, sayangnya pengiriman terkendala karena batas yang bisa melewati antar provinsi sebanyak tiga ton," ujar camat,  Selasa (10/07/2018).

Padahal untuk meningkatkan kualitas tanam akan dipengaruhi oleh pupuk, seperti urea, pupuk kandang, dan sebagainya.

"Ini harus diketahui, semua dari pihak ketiga," ujarnya.

Padahal, kata camat, program yang menurunkan angka pengangguran ini produktif di tujuh desa seperti Tolutu, Milangodaa, Milangodaa Barat, dan Utara.

"Tomini butuh pupuk, makanya tidak rapat bersama penyuluh pertanian kami sampaikan," ujarnya.

Apalagi menurut orang nomor satu di Tomini ini, kegiatan Huyula (gotong royong) berlaku di wilayah kecamatannya yang berdampak terhadap cepatnya peningkatan produksi jagung.

"Ada contoh di Desa Tolutu, kelompok tani bisa membeli mobil, motor, dan alat pertanian mendukung semua hanya karena program pemanfaatan sejengkal tanah," ujarnya.

Masyarakat benar-benar tergerak dari pertengahan tahun 2017 setelah dimulai dari tahun 2016.

Masyarakat terlibat bersama-sama dari proses pembersihan, penanaman, penyemprotan pupuk, dan panen raya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved