Eman Apresiasi Direktur PDAM Tomohon untuk Menerapkan GIS

Berlokasi di Aston Batam Hotel and Residence, Kepulauan Riau, Direktur PDAM Kota Tomohon Marthen Gosal menghadiri kegiatan Indonesia Water Forum 2018.

Eman Apresiasi Direktur PDAM Tomohon untuk Menerapkan GIS
ISTIMEWA
Direktur PDAM Kota Tomohon Marthen Gosal dalam Indonesia Water Forum 2018 di Aston Batam Hotel and Residence, Kepulauan Riau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Berlokasi di Aston Batam Hotel and Residence, Kepulauan Riau, Direktur PDAM Kota Tomohon Marthen Gosal menghadiri kegiatan Indonesia Water Forum 2018.

Kegiatan itu berlangsung Senin-Rabu (9-11/07/2018).

Sebagai narasumber Mohammad Zainal Fatah, Asisten deputi Infrastruktur Sumber Daya Air.

Fatah mengatakan banyak PDAM sudah memulai memanfaatkan teknologi data spesial untuk mendukung pengelolaan aset dan kinerja teknis.

Namun pencapaian setiap PDAM berbeda-beda, khususnya dalam mengimplementasikan sistem informasi geografis (Geographical Information System disingkat GIS).

Pada umumnya penerapan GIS di PDAM masih parsial dan manfaat optimal belum sepenuhnya terwujud.

"Sebagian lagi PDAM baru mulai mengenal dan membangun GIS. Dengan segala keterbatasannya PDAM membutuhkan panduan dan bimbingan dari PDAM lain yang sudah lebih dulu memulai atau lebih berpengalaman, agar pengembangan GIS terarah sesuai kebutuhan PDAM yang berbeda-beda, diperlukan standar-standar tertentu dan peta jalan (road map) generik yang dapat dipakai bersama sebagai panduan," jelas Fatah.

Ia menjelaskan, perkembangan teknologi GIS saat ini menyongsong revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan sistem Cyber Physical, indutri mulai berwujud virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data, dapat diakses di manapun.

"Beberapa GIS di PDAM-PDAM saling mengenal dan berdiskusi dalam komunitas informal via media sosial. Komunikasi ini perlu diperkuat dan dapat diakses oleh lebih banyak peminat teknologi GIS, khusus di rana system penyediaan air minum," jelasnya. Sementara itu, Direktur PDAM Tomohon mengatakan, tujuan pihaknya mengikuti kegiatan tersebut untuk kedepannya menerapkan GIS dan untuk kemajuan PDAM Tomohon. "Kita sementara pelajari dan kedepannya puji Tuhan akan diterapkan, mohon dukungan dan suportnya," kata Gosal.

Gosal menambahkan, pihaknya juga selalu mendukung program EMAS Wali Kota Jimmy Eman dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman mengapresiasi kinerja PDAM Kota Tomohon.

"Apresiasi kemajuan PDAM Kota Tomohon untuk menyejahterakan masyarakat Tomohon, berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," pungkas Eman.(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved