Ini Permintaan Deputi Menteri Pariwisata kepada Kadisbudar Minahasa

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara, dipastikan sejumlah objek wisata di Minahasa akan semakin banyak dikunjungi

Istimewa
Kadisbupar Minaha bertemu Deputi Menteri Pariwisata 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Deputi Menteri Pariwisata RI Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dadang Rizky Ratman mengharapkan, pemanfaatan rumah tinggal untuk dijadikan homestay di Minahasa terus dikembangkan bahkan ditingkatkan.

Demikian disampaikan Deputi Menpar Dadang Rizki saat menerima kunjungan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo, didampingi Kasubag Perencanaan Disbudpar Claudya Mamahit ST MAP, Kamis (5/7).

Tumondo menyambangi Ruang Kerja Deputi Kemenpar, di sela-sela keduanya mengikuti Rakor Verifikasi Usulan DAK Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2019 yang digelar oleh Sekretariat Kemenpar, di Balairung Gedung Sapta Pesona Kemenpar RI, Jakarta.

Dikatakan Dadang, dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara, baik wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, dipastikan sejumlah objek wisata di Minahasa akan semakin banyak dikunjungi pula oleh wisatawan tersebut.

"Mengingat sejumlah hotel besar masih terpusat di ibukota Manado, maka daerah lainnya seperti di Kabupaten Minahasa saya minta untuk terus dikembangkan rumah nginap atau homestay termasuk di sekitar kawasan wisata alam Danau," kata Dadang.

Kalau Homestay ini ditata dan di kelola dengan baik, lanjut Dadang, pasti akan turut mengembangkan kawasan sekitar objek wisata itu dan memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat di sekitarnya.

Sementara Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo mengatakan, pihaknya selama ini terus mendorong upaya masyarakat yang berniat menjadikan rumah tinggalnya untuk dijadikan usaha homestay dalam rangka mengantisipasi semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung di Minahasa.

"Bulan lalu kami telah mengutus puluhan masyarakat pemilik rumah pribadi untuk mengikuti pelatihan pengelola homestay yang digelar oleh Kemenpar RI bekerja sama dengan Dispar Provinsi Sulut," kata Tumundo.

Sebagian besar peserta yang ikut, kata Tumundo adalah pemilik rumah tinggal di sekitar Danau Tondano yang berminat untuk dijadikan homestay.

Ditegaskan Tumundo bahwa pihaknya akan terus mendorong pihak-pihak yang berminat menjadikan rumah tinggal mereka untuk dikembangkan menjadi homestay. (fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved