Exit Poll SMRC: Jokowi Ungguli Prabowo di 5 Provinsi

Berdasarkan exit poll pada Pilkada Serentak 2018 di 6 provinsi, elektabilitas Presiden Joko Widodo unggul di 5 provinsi

Exit Poll SMRC: Jokowi Ungguli Prabowo di 5 Provinsi
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC) Deni Irvani menyatakan, berdasarkan exit poll pada Pilkada Serentak 2018 di 6 provinsi, elektabilitas Presiden Joko Widodo unggul di 5 provinsi.

Sementara itu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto unggul di 1 provinsi.

Keunggulan Jokowi ada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan. Sementara Prabowo unggul di Jawa Barat.

Exit poll tersebut dilakukan sesaat setelah pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS) pada pilkada di 6 provinsi, Rabu (27/6/2018) silam.

Pertanyaan yang diajukan adalah jika Pemilihan Presiden 2019 digelar saat pilkada, siapa yang akan dipilih menjadi presiden di antara dua nama tersebut.

Menurut Deni, 5 provinsi tersebut merupakan basis kantong suara Jokowi. Sementara Jawa Barat adalah basis kantong suara Prabowo.

Dari temuan exit poll itu, kata dia, pengalaman di Pilpres 2014 juga masih membekas di kalangan responden.

"Jawa Tengah, Jawa Timur, Pemilu 2014 (Jokowi) juga unggul. Sumut, Kalbar, Sulsel juga (Jokowi) unggul. Sebenarnya itu wilayah kantong-kantongnya Jokowi dan Jawa Barat kantongnya Prabowo," kata Deni dalam Rilis Exit PollSMRC Pemilihan Gubernur di 6 Provinsi, di kantor SMRC, Jakarta, Selasa (2/7/2018).

"Jadi, kalau bicara kesimpulan sampai saat ini, belum ada banyak perubahan ternyata. Pilpres 2014 ini ternyata masih berbekas," sambung Deni.

Dalam rilis exit poll SMRC di Pilkada Jawa Barat, responden yang memilih Jokowi sebesar 40,3 persen, Prabowo sebesar 51,2 persen dan 8,5 persen lainnya tidak menjawab atau merahasiakan jawabannya.

Halaman
12
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved