Inilah Rincian Penggunaan Data Selama Lebaran 2018 XL Axiata

XL Axiata memberi rincian pengguna data tertinggi selama libur Lebaran 2018 didominasi antara lain oleh data streaming

Inilah Rincian Penggunaan Data Selama Lebaran 2018 XL Axiata
Gani Kurniawan/Tribun Jabar
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengguna data tertinggi selama libur Lebaran 2018 didominasi antara lain oleh data streaming, yaitu video dan musik mencapai 47%. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kualitas dan perluasan jaringan data berkualitas seperti 4G LTE.

"Sehingga pelanggan semakin nyaman mengakses layanan streaming," ujar Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya, Senin (25/6/2018(.

Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, Instant Messaging 13% dan media sosial (Medsos) 12%.

Sedangkan untuk layanan VoIP naik 20%. Bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran.

Penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55%, GoogleDuo 20%, Hangout 16%, dan Whatsapp 15%.

Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55% dan 135%.

Semakin banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan pulang kampung mendorong pemanfaatan peta jalan darat digital yang kini semakin mudah diakses melalui smartphone.

Penulis:
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved