Hasil Survei

Hasil Survei Indobarometer: 60,2 Persen Warga Jabar Puas Terhadap Kinerja Jokowi

Survei Indobarometer menunjukkan, tingkat kepuasan warga Jawa Barat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo, cukup tinggi.

Hasil Survei Indobarometer: 60,2 Persen Warga Jabar Puas Terhadap Kinerja Jokowi
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Survei Indobarometer menunjukkan, tingkat kepuasan warga Jawa Barat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo, cukup tinggi.

"Sebanyak 60,2 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Sementara, 33,6 persen responden menyatakan tidak puas dan 6,2 persen responden menjawab tidak tahu," ujar Direktur Eksekutif Indobarometer M. Qodari dalam konferensi persnya di bilangan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).

Sebanyak 64,8 persen responden yang menjawab puas memilih Jokowi menjadi Presiden RI dalam Pilpres 2019 mendatang dan sebanyak 12,3 persen responden lainnya memilih Prabowo Subianto.

Sementara, 56,2 persen responden yang menjawab tidak puas memilih Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 dan hanya 4 persen yang memilih Jokowi.

Dalam survei itu, peneliti juga bertanya soal apakah responden menginginkan atau tidak menginginkan Jokowi kembali menjadi Presiden RI pada periode 2019-2024.

"Hasilnya, sebanyak 43,7 persen warga Jabar menginginkan Jokowi kembali menjadi Presiden. Sementara, yang tidak menginginkan dia menjabat kembali ada sebanyak 30,6 persen," ujar Qodari.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat yang dilaksanakan dengan wawancara tatap muka melalui kuisioner.

Metode penarikan sampel, yakni multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Konsisten

Tingkat keterpilihan Jokowi tersebut cukup konsisten. Hal itu tergambar dari simulasi Jokowi dihadapkan pada sejumlah nama. Hasilnya tetap sama. Elektabilitas Jokowi tetap berada pada urutan pertama.

Simulasi pertama, Jokowi dihadapkan pada nama Prabowo Subianto. Hasilnya, sebanyak 41,4 persen responden memilih Jokowi dan 31,p persen responden memilih Prabowo. Sisanya ada yang menyatakan tidak akan menggunakan hak pilih, merahasiakan pilihannya, hingga belum memutuskan.

"Ketika Jokowi head to head dengan Anies Baswedan, 44,3 persen responden memilih dia. Yang memilih Anies hanya 4,7 persen responden," ujar Qodari.

Simulasi terakhir, yakni Jokowi head to head dengan Gatot Nurmantyo. Hasilnya juga tak jauh berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indobarometer: 60,2 Persen Warga Jabar Puas Terhadap Kinerja Jokowi", https://nasional.kompas.com/read/2018/06/20/16111441/indobarometer-602-persen-warga-jabar-puas-terhadap-kinerja-jokowi.

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved