7 Juli Bakal Diusul Jadi Hari Bhinneka Tunggal Ika dan Undang Presiden RI

Dengan mengambil tema "Rakyat melawan intoleran, radikalisme, dan terorisme", aktivis 98 siap menggelar rembuk Nasional di Monumen Nasional Jakarta.

7 Juli Bakal Diusul Jadi Hari Bhinneka Tunggal Ika dan Undang Presiden RI
TRIBUN MANADO/INDRI PANIGORO
Steering Committee (SC) Aktivis 98 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dengan mengambil tema 'Rakyat melawan intoleran, radikalisme, dan terorisme', aktivis 98 siap menggelar rembuk Nasional di Monumen Nasional Jakarta, Kamis 7 Juli 2018 nanti.

Dalam rembuk Nasional tersebut, rencananya akan diusulkan jika 7 Juli sebagai hari Bhinneka Tunggal Ika.

Tak main-main, dari Sulawesi Utara (Sulut) sendiri, sedikitnya ada ratusan orang yang terdiri dari aktivis 98 dan sejumlah perwakilan adat Sulut.

Hal itu dikatakan Steering Committee (SC) Aktivis 98, Benny Rhamdani (Brani) kepada Tribun Manado.

"Saat ini tindakan radikalisme, terorisme sudah mulai terang-terangan. Ini saatnya kita maju ke permukaan. Segala bentuk aksi yang dilakukan oknum-oknum intoleran itu harus kita sikapi serius. Jangan hanya sebatas mengecam saja. Lalu tidak ada tindakan yang nyata," kata Brani, Selasa (19/06/2018).

"Kalau untuk Sulut sendiri ada sekitar 150 orang yang akan berangkat ke Jakarta. Selain perwakilan ormas adat, ada juga dari perwakilan mahasiswa," ucapnya.

Selain akan dihadiri sedikitnya 50 ribu aktivis 98 dari seluruh daerah, dalam rembuk Nasional itu juga akan mengundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Kita akan usul tanggal 7 dijadikan hari Bhinneka Tunggal Ika. Makanya kita undang Jokowi. Diundangnya Jokowi karena kapasitasnya sebagai presiden," ujarnya.

Brani menegaskan, dengan mengundang Jokowi, pihaknya memastikan bahwa rembuk nasional di Monas tersebut bebas dari unsur politik, Jokowi diundang dengan kapasitasnya sebagai Presiden bukan Calon Presiden.

"Kegiatan ini tidak terkait sama sekali dengan kebutuhan ataupun agenda politik tertentu. Posisi Jokowi kita undang tidak ada urusan dengan Jokowi hadir sebagai Calon Presiden," tegas ia.

Halaman
12
Penulis: Indry Panigoro
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved