IQ Turun 7 Poin dalam 40 Tahun Terakhir

Entah pengaruh apa, IQ manusia cenderung menurun 7 poin dalam empat dekade terakhir.

IQ Turun 7 Poin dalam 40 Tahun Terakhir
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Entah pengaruh apa, IQ manusia cenderung menurun 7 poin dalam empat dekade terakhir.

Ada yang anggap “Efek Flynn”? Istilah ini merujuk pada hasil penelitian James Flynn yang menemukan adanya peningkatan nilai IQ sebanyak tiga poin per dekade pada abad ke-20.

Namun, tampaknya efek Flynn hanya tinggal sejarah. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IQ terus menurun selama beberapa dekade terakhir.

Bahkan, hasil penelitian oleh Flynn sendiri yang dilakukan hampir satu dekade yang lalu menunjukkan penurunan nilai IQ yang drastis di antara para remaja Inggris.

Terbaru, hasil serupa dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Para ahli dari Ragnar Frisch Centre for Economic Research di Norwegia menganalisis hasil tes IQ dari 730.000 pria Norwegia yang masuk wajib militer dari tahun 1970 hingga 2009. Mereka lahir antara tahun 1962 hingga 1991 dan masih berusia 18-19 tahun ketika menjalani tes IQ tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa efek Flynn mencapai puncaknya bagi orang-orang yang lahir hingga tahun 1975, dan mengalami penurunan sebanyak tujuh poin IQ per tahun setelahnya.

Psikolog Stuart Ritchie dari University of Edinburgh yang tidak terlibat dalam studi menyampaikan tanggapannya kepada The Times.

“Ini adalah bukti yang paling meyakinkan tentang efek Flynn terbalik. Jika Anda mengasumsikan bahwa model yang digunakan oleh para peneliti benar, maka hasilnya sangat luar biasa sekaligus mengkhawatirkan,” ujarnya.

Ada apa?

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved