Minggu, Trump dan Kim Tiba di Singapura: China Kerahkan Jet Tempur

Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un

Minggu, Trump dan Kim Tiba di Singapura: China Kerahkan Jet Tempur
AFP PHOTO / SAUL LOEB
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump  

TRIBUNMANADO.CO.ID, SINGAPURA - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengundang perhatian dunia.

Pertemuan itu dianggap perlu untuk meredahkan ketegangan di Semenanjung Korea yang sudah berlangsung puluhan tahun.

Kedua pemimpin itu dilaporkan bakal sampai di Singapura akhir pekan ini. Straits Times dan Yonhap Jumat (8/6/2018) memberitakan, kedua pemimpin tersebut dilaporkan bakal menginjakkan kaki pada Minggu (10/6/2018).

Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, menyatakan Trump bakal meninggalkan pertemuan tujuh negara ekonomi terkuat dunia atau G7 di Kanada lebih cepat.

Rencananya, Trump bakal meninggalkan pertemuan G7 di Quebec pukul 10.30 waktu setempat, kemudian bertolak dari Kanada pukul 14.15. "Presiden bakal langsung menuju Singapura dari Kanada untuk mempersiapkan pertemuannya dengan Kim 12 Juni nanti," tutur Sanders.

Nantinya, sisa dari konferensi itu bakal dihadiri Wakil Asistan Bidang Hubungan Ekonomi Internasional, Everett Eissenstat. Sementara Kim, mengutip sumber Korut, bakal menempuh penerbangan langsung dari Pyongyang menuju Bandara Changi Singapura. Kim dan Trump bakal menggelar pertemuan pada Selasa (12/6/2018) pukul 09.00 waktu setempat di Hotel Capella, Pulau Sentosa. Ada dua isu yang bakal dibawa ke meja pertemuan.

Yakni desakan agar Korut bersedia melucuti nuklirnya, dan pernyataan berakhirnya Perang Korea 1950-1953. Trump menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Kim tidak membutuhkan persiapan khusus.

Melainkan sikap tegas untuk mendapatkan hasil yang positif. "Ini tentang sikap, keinginan menyelesaikan sesuatu. Ini tentang melihat kemungkinan semuanya terjadi secara cepat," kata presiden 71 tahun itu.

"Akan sangat menyenangkan jika melihat segala sesuatu terjadi secara mulus. Yang pasti, mereka (Korut) harus melakukannya (denuklirisasi)," lanjut Trump.

Pemerintah China kemungkinan bakal mengirimkan sejumlah jet tempurnya untuk mengawal pesawat yang membawa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menuju ke Singapura.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved