Breaking News:

Lava Keringkan Danau Terbesar Hawaii dalam Hitungan Jam

Kabut uap membumbung dari danau air tawar terbesar Hawaii saat aliran lava menguapkan airnya yang tenang dalam hitungan beberapa jam

Editor: Fernando_Lumowa
AFP
Badan Survei Geologi AS merilis foto lava dari Gunung Kilauea di Jalan Hookapu, Leilani Estates, Hawaii, pada Sabtu (5/5/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kabut uap membumbung dari danau air tawar terbesar Hawaii saat aliran lava menguapkan airnya yang tenang dalam hitungan beberapa jam, membuatnya menjadi korban terbaru erupsi Gunung Kilauea.

Diberitakan CNN pada Kamis (7/6), kabut asap mulai tampak pada 10.00, Sabtu waktu setempat. Pada 15.00 sore harinya, Departemen Pemadam Kebakaran Hawaii mengonfirmasi kepada Badan Survei Geologi AS bahwa danau itu sudah dipenuhi lava dan airnya habis menguap.

Green Lake, danau yang juga jadi tempat berenang populer, sebelumnya mempunyai kedalaman 60 meter, kata KHNL/KGMB, afiliasi CNN.

"Saya tak percaya ini," kata instruktur geografi di Hawaii Community College, Drew Kapp, kepada stasiun televisi tersebut. "Saya tak pernah dengar hal semacam ini terjadi sebelumnya."

Kini terhitung sudah lebih dari satu bulan berlalu sejak lava mulai mengalir dan menghancurkan alam sekitar Kilauea. Sekitar 12,3 kilometer persegi lahan kini sudah terimbas.
Lihat juga: Jalur Evakuasi Terputus Lava, Warga Hawaii Terjebak
Warga juga mesti berhadapan dengan ancaman gas beracun dari aliran tersebut.

Green Lake bukan satu-satunya bagian dari Big Island yang diubah oleh aktivitas vulkanik. Kapoho Bay, pantai yang terkenal dengan kolam alaminya, telah sepenuhnya terisi lava pada Selasa kemarin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved