JNE Bantu UMKM Manado Naik Kelas

PTTIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) berupaya membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

JNE Bantu UMKM Manado Naik Kelas
JNE 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PTTIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) berupaya membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Utara (Sulut) untuk terus berkembang.

Kepala Cabang Utama JNE Manado Julianus Barthen mengatakan bisnis UMKM di Sulut mulai menunjukkan tren positif. Ini terlihat daro transaksi produk yang mulai meningkat, karena mulai di pasarkan ke luar daerah.

"Transaksinya terus meningkat, untuk saat ini tumbuh 30 persen," Berdasarkan data kami jumlah transaksi UMKM tumbuh 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Untuk terus mendorong peningkatan UMKM pihaknya berupaya memperbaharui informasi terkait regulasi pengiriman produk yang menggunakan pesawat.

"Kami selalu memberikan informasi terbaru melalui forum wirausaha Sulut. Sehingga jika ada regulasi baru di bandara yang kami dapatkan bisa langsung disampaikan. Contohnya ikan cakalang fufu dan roa yang masih bahan baku itu wajib dibuatkan karantina," ujarnya.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulut Ivanry Matu mengataka akan menjembatani UMKM bisa naik kelas hingga premium. Di antaranya dengan tukar pikiran, bimbingan, pelatihan agar kualitas sumber daya manusianya semakin berkualitas.

"Sebab peningkatan SDM sangat penting agar UMKM bisa berkembang," ungkapnya.

Jika SDM UMKM Sulut berkualitas dengan sendirinya pasar akan terbuka lebar, tanpa harus dicari. (erv)

Penulis:
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved