Kominfo Bantah Perintahkan Instagram Turunkan Foto Rizieq

Rudiantara melanjutkan bahwa diturunkannya konten foto tersebut bukan kewenangan pemerintah tapi menjadi hak Instagram.

Kominfo Bantah Perintahkan Instagram Turunkan Foto Rizieq
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut bahwa pihaknya tidak memerintahkan Instagram untuk menurunkan foto di platform berbagi foto itu.

"Kami tidak meminta Instagram untuk menurunkan foto orang Indonesia yang sedang umroh di Mekah," jelas Rudiantaran, Selasa (5/6). Meski demikian, Rudiantara tidak menyebut dengan pasti warga negara Indonesia mana yang dimaksud.

Namun, sehari sebelumnya warganet digemparkan dengan dihapusnya foto pertemuan Rizieq Shihab dengan Amien Rais dan Prabowo Subianto di Instagram. Pertemuan ini dilakukan di tanah suci Mekkah. Saat dikonfirmasi ulang, Rudiantara belum berkomentar lebih lanjut.

Rudiantara melanjutkan bahwa diturunkannya konten foto tersebut bukan kewenangan pemerintah tapi menjadi hak Instagram.

"Secara teknis, yang mungkin terjadi adalah pemilik akun sendiri yang melakukan atau Instagram sendiri atau atas aduan masyarakat/komunitas pengguna Instagram, yang pasti bukan kami," lanjutnya lagi.

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni 212 menyalahkan pemerintah atas kebijakan Instagram menghapus foto pertemuan Rizieq Shihab dengan Amien Rais dan Prabowo Subianto. Pertemuan ketiganya dilakukan di tanah suci Mekkah.

Foto pertemuan ini diunggah di akun Instagram Amienraisofficial. Lantas, foto tersebut tiba-tiba dihapus dengan pernyataan telah melanggar Pedoman Komunitas Instagram.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved