Breaking News:

Usia 21 Tahun, Gabriel Jesus Jadi Kapten Anyar Timnas Brasil

Gabriel Jesus, Penyerang Manchester City akan menjadi kapten baru tim nasional Brasil pada laga uji coba melawan Kroasia

VANDERLEI ALMEIDA/AFP
Philippe Coutinho (kiri), Neymar (tengah), dan Gabriel Jesus merayakan gol tim nasional Brasil ke gawang Argentina pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Belo Horizonte, 10 November 2016. 

TRIBUNMANADO.CO.IDGabriel Jesus, Penyerang Manchester City akan menjadi kapten baru tim nasional Brasil pada laga uji coba melawan Kroasia di Stadion Anfield, Minggu (3/6/2019).

Penunjukan Gabriel Jesus kali ini terasa cukup mengejutkan karena usianya yang masih 21 tahun.

Tidak hanya itu, secara jam terbang, Gabriel terbilang masih baru karena baru mengoleksi 15 laga bersama Tim Samba.

Gabriel Jesus akan menjadi kapten termuda keenam sepanjang sejarah timnas Brasil

Meskipun masih muda, Gabriel mengaku yakin bisa menjadi pemimpin seperti yang diharapkan oleh pelatih Tite.

Baca: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018 di Rusia, Laga Perdana Rusia vs Arab Saudi pada 14 Juni

"Saya sangat terkejut ketika mengetahui penunjukan ini. Pada pertandingan nanti saya akan memakai kostum kebanggaan Brasil dan pelatih sudah jelas menginginkan saya untuk memimpin." kata Gabriel dikutip dari Goal, Minggu (3/6/2018).

"Saya mengerti tujuan pelatih Tite menunjuk saya. Dia hanya memilih pemain Brasil yang memiliki jiwa kepemimpinan." ujar Gabriel menambahkan.

Sejak menangani Brasil pada tahun 2016 lalu, Tite sudah melakoni 19 pertandingan termasuk laga uji coba. Uniknya, dari 19 pertandingan itu, Tite sudah menunjuk 14 pemain berbeda sebagai kapten tim.

Baca: Punya Pemain Top, 15 Negara yang Absen di Piala Dunia 2018, Ada yang Pernah Juara

Tite sendiri sebenarnya sudah menunjuk pemain Paris Saint-Germain, Dani Alves sebagai kapten utama tim. Namun, karena cedera pada akhir musim, Dani Alves dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia 2018 nanti.

"Dani Alves adalah kapten kami. Dia menjalankan tugas itu dengan baik saat uji coba melawan Jerman dan Inggris karena pengalamannya. Kami akan terus merotasi jabatan kapten, tetapi pemain senior akan mendapat jatah lebih," ujar Tite.

Hingga saat ini, siapa yang akan memimpin Brasil pada Piala Dunia 2018 di Rusia masih menjadi tanda tanya. Neymar yang menjadi kapten pada Piala Dunia 2014 lalu, menyatakan mengundurkan diri seusai membawa Brasil meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016 lalu.

Baca: Demi Satu Piala Dunia, Lionel Messi Rela Tukar Semua Gelar di Barcelona

Besar kemungkinan Neymar akan kembali ditunjuk Tite untuk memimpin rekan-rekannya di Piala Dunia 2018 karena pengaruhnya di lapangan.

Namun jika tidak, rekan satu tim Neymar di PSG, Thiago Silva menjadi kandidat terkuat karena menjadi pemain paling senior dalam skuad Brasil untuk Piala Dunia 2018. 

Baca: Daftar Pemain Timnas Piala Dunia 2018, Sejumlah Bintang Jadi Penonton

Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved