Babinsa Koramil Passi Bantu Poktan Mototabu Tanam Padi

Bintara Pembina Desa (Babinsa) memegang peran penting dan strategis untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat di wilayah binaannya.

Babinsa Koramil Passi Bantu Poktan Mototabu Tanam Padi
ISTIMEWA
Babinsa Koramil Passi membanantu petani Poktan Motototabu, Bolmong, menanam padi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Bintara Pembina Desa (Babinsa) memegang peran penting dan strategis untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat di wilayah binaannya.

Implementasi tugas pokok dan fungsi, maka Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Kusnadi, melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) mendampingi petani untuk melakukan penanaman padi di wilayah Desa Passi Barat, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolmong.

Adapun bentuk pembinaan teritorial yang dilaksananakan oleh Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Kusnadi bersama Kelompok Tani (Poktan) Mototabu yakni penanaman padi varietas Serayu pada lahan seluas 2 hektar milik Sukardi dengan sistem penanaman Legowo.

Danramil 1303-02/Passi Kapten Inf Asrak Badarun kepada Tribun Manado Kamis (31/5) mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan dan mensukseskan perintah komando dalam rangka mewujudkan swasembada pangan Nasional.

”Pembinaan teritorial dalam bidang pertanian merupakan penjabaran dari perintah Komando atas untuk terwujudnya stabilitas dan ketersediaan pangan secara nasional," ujarnya.

Asrak menjelaskan, Babinsa memberikan motivasi kepada para petani dan membantu memonitoring serta memberikan pendampingan sesuai dengan kemampuannya sehingga proses penanaman padi dapat dilakukan dengan baik dan manghasilkan kualitas padi yang bagus.

”Pendampingan yang dilaksanakan oleh aparat Babinsa dilakukan dari awal hingga proses akhir pekerjaan, termasuk memberikan sosialisasi dan motivasi," tandasnya.

Ketua kelompok tani Mototabu Sukardi Thomas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1303/Bolmong khususnya Koramil 1303-02/Passi melalui Babinsa Koramil 1303-02/Passi yang telah melakukan pendampingan.

Dengan adanya para Babinsa di desa membuat kami para petani bersemangat untuk menanam padi. “Keberadaan aparat Babinsa dalam mendukung pekerjaan kami benar-benar telah memberikan kontribusi dan memudahkan pekerjaan pertanian yang kami laksanakan,” ungkapnya.

Kegembiraan kelompok tani terlihat saat lahan yang mereka kelolah dicatat Babinsa untuk dilaporkan sebagai Luas Tambah Tanam (LTT).

Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Kusnadi berkata dihubungi Ketua Poktan Mototabu Sukardi untuk bersama-sama menanam padi. Ini sudah merupakan tugas rutin kami para Babinsa untuk melakukan pendampingan kepada para petani dalam rangka mewujudkan program pemerintah dalam upaya khusus (Upsus) Swasembada Pangan.

”Program Upsus Swasembada pangan merupakan program prioritas bagi seluruh jajaran TNI angkatan darat untuk dilakukan, termasuk jajaran Kodim 1303/Bolmong," tutur Kusnadi

Ia menambahkan dengan pendampingan yang maksimal oleh aparat Babinsa, maka diyakini akan meningkatkan hasil pertanian warga setempat. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved