Tenaga Honorer Sama dengan Karyawan Swasta, Berhak Terima THR

Pengamat Politik dan Pemerintahan, Dr Goinpeace Tumbel menilai tenaga honorer sama halnya dengan karyawan swasta.

Tenaga Honorer Sama dengan Karyawan Swasta, Berhak Terima THR
ISTIMEWA
Goinpeace Tumbel 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- Pengamat Politik dan Pemerintahan, Dr Goinpeace Tumbel menilai tenaga honorer sama halnya dengan karyawan swasta.

Hal itu karena mereka mengerjakan suatu pekerjaan secara rutin dan tidak terputus-putus seperti mengerjakan pekerjaan musiman.

Sehingga dengan berdasarkan hakekat pengangkatan tenaga honorer itu sendiri, dan dengan mengacu pada adanya pengangkatan TH tersebut yang memiliki pertimbangan termasuk tujuan dan sasarannya untuk menopang, mendukung terwujudnya visi misi program dan kegiatan setiap Perangkat Daerah atau SKPD.

Oleh karena itu para tenaga berhak mendapatkan dan para pemberi kerja diwajibkan memberikan berbagai tunjangan dimana salah satu tunjangan yang dimaksud yakni Tunjangan Hari Raya (THR).

"Dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sudah di atur itu. Dan saya pikir di Lingkungan pemerintahan yg mempekerjakan tenaga honorer seharusnya pengaturan soal ini, harusnya bersifat lebih baik dari pihak swasta," kata Goinpeace, kepada tribunmanado.co.id, Selasa (29/05/2018) malam.

Goinpeace Tumbel
Goinpeace Tumbel (ISTIMEWA)

Menurut Tumbel mereka para tenaga honorer tersebut berhak mendapatkan THR berdasarkan lamanya masa kerja.

"Untuk TH ini kan mereka sama dengan karyawan swasta atau pegawai swasta sehingga untuk hak mendapatkan THR sudah sepatutnya mereka dapatkan," katanya.

"Untuk yang bekerja lebih dari 1 tahun masa kerja harus diberikan THR sebesar 1 bulan gaji. Sedangkan yang kurang atau di bawah dari 1 tahun kerja minimal masa kerja 3 bulan mereka juga berhak diberikan THR yang besarannya berbeda dengan yang lainnya," jelasnya. 

Baca Juga
Penulis: Indry Panigoro
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved