Penataan Tapal Batas Antar-Wilayah di Kota Tomohon Digelar Pemerintah

Setda Kota Tomohon menggelar kegiatan Penataan Tapal Batas Antar Wilayah di Kota Tomohon di ruang rapat lantai dua Setda Kota Tomohon.

Penataan Tapal Batas Antar-Wilayah di Kota Tomohon Digelar Pemerintah
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Kegiatan Penataan Tapal Batas Antar Wilayah di Kota Tomohon di ruang rapat lantai dua Setda Kota Tomohon. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Dalam rangka memperjelas batas antar wilayah kecamatan dan kelurahan se-Kota Tomohon, Bagian Pemerintahan Setda Kota Tomohon menggelar kegiatan Penataan Tapal Batas Antar Wilayah di Kota Tomohon yang di gelar di ruang rapat lantai dua Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Rabu (30/5/2018).

Asisten Kesra Drs O D S Mandagi menghadiri kegiatan ini dan mengatakan bahwa dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 141 tahun 2017 ditegaskan bahwa dalam rangka untuk menciptakan kepastian hukum tentang wilayah administrasi pemerintahan daerah, perlu dilakukan penentuan batas daerah secara pasti, sistematis dan terkoordinasi.

"Oleh karena itu, masing-masing pemda provinsi, kabupaten maupun kota dihimbau untuk menata akan seluruh tapal batas wilayah yang ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku," Ujar Mandagi.

Dijelaskannya, peranan dari para camat dan lurah serta perangkatnya sangatlah dituntut untuk mampu menciptakan suasana kondusif serta mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat akan batas wilayah administrasi masing-masing kecamatan dan kelurahan.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan kepada seluruh peserta kegiatan agar memahami akan setiap materi yang disampaikan terkait penataan batas antar wilayah, dan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat di kelurahan ataupun masing-masing dengan baik dan benar sesuai dengan aspek teknis dan yuridis wilayah masing-masing," pungkasnya mandagi.

Kabag Pemerintahan Setda Ronald J F Kalesaran SE, di awal kegiatan dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar tercipta koordinasi yang baik antar camat dan lurah serta perangkat.

Tujuannya untuk memperjelas batas wilayah baik di kelurahan maupun kecamatan, dan adanya tapal batas yang jelas baik di kelurahan maupun kecamatan, yang pembangunan tapal batasnya dilaksanakan secara bertahap di mana di tahun anggaran 2018 tertata sebanyak 12 unit yang akan dipasang di 12 kelurahan.

Selaku narasumber pada kegiatan ini Kakan Dep BPN/ATR Christanto B SH, dan dihadiri oleh para camat dan lurah se-Kota Tomohon.(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved