Jokowi dan Jusuf Kalla Bayar Zakat Mal Rp 50 Juta Per Orang

Berdasarkan layar informasi Baznas, besaran zakat mal yang dibayarkan Presiden Jokowi kali ini sebesar Rp 50 juta.

Jokowi dan Jusuf Kalla Bayar Zakat Mal Rp 50 Juta Per Orang
Fabian Januarius Kuwado
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membayar zakat mal di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/5/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja beserta pejabat Eselon I, bersama-sama membayarkan zakat mal ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/5).

Berdasarkan layar informasi Baznas, besaran zakat mal yang dibayarkan Presiden Jokowi kali ini sebesar Rp 50 juta. Presiden membayarkan zakat malnya menggunakan uang tunai.

Jumlah tersebut meningkat sebesar Rp 5 juta dibandingkan pembayaran zakat mal bulan Ramadan 2017 lalu.
Sementara itu, Wapres Kalla membayarkan zakat mal dengan jumlah yang sama, yakni Rp 50 juta.

Jumlah ini juga meningkat Rp 5 juta dibandingkan dengan pembayaran zakat mal bulan Ramadhan 2017 lalu. Jumlah zakat mal yang sama juga dibayarkan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Adapun, Sekretaris Kabinet Pramono Anung seesar Rp 23 juta, Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebesar Rp 27 juta dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebesar Rp 20 juta.

Penyerahan zakat ini diketahui dilaksanakan secara serentak oleh kepala daerah se-Indonesia, pimpinan SKPD, direksi BUMN dan BUMD melalui Baznas di daerah masing-masing.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo berharap agar pembayaran zakat tahun ini mampu berkontribusi bagi pengurangan angka kemiskinan di Indonesia.

"Semoga keteladanan para pemimpin dalam menunaikan zakat di bulan Ramadhan mendapatkan ridho Allah SWT, membawa berkah bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia," ujar Bambang.

Catatan Baznas, jumlah zakat infaq dan sodaqoh tahun 2017 mencapai Rp 6,24 triliun. Tahun 2018 ini, Baznas menargetkan Rp 8 triliun.(kps)

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved