Begini Alur Pendaftaran SIAP-PPDB Online 2018

Berbicara mengenai pendaftaran siswa baru, maka satu di antara hal penting yang harus diketahui yaitu mengenai alur pendaftarannya.

Begini Alur Pendaftaran SIAP-PPDB Online 2018
PPDB Online 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tahun ajaran baru tak lama lagi akan dimulai. Tentunya bagi siswa yang baru saja selesai mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) akan bersiap untuk mendaftar di sekolah yang baru.

Berbicara mengenai pendaftaran siswa baru, maka satu di antara hal penting yang harus diketahui yaitu mengenai alur pendaftarannya.

Sekarang ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan secara online.

PPDB Online ini, dikutip Tribunmanado.co.id dari laman siapp-ppdb.com, Senin (28/5/2018), bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, nondiskriminatif, dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

Selain itu PPDB Online juga menjadi upaya pemerintah untuk pemerataan pendidikan, sehingga tidak terdapat lagi beberapa sekolah yang sangat diminati oleh pendaftar, sedangkan di beberapa sekolah lainnya kurang peminat.

Di beberapa kasus, siswa yang berdomisili di sekitar sekolah tetapi tidak diterima masuk ke sekolah yang diminati dan harus mendaftar ke sekolah lain yang lebih jauh tentunya menimbulkan permasalahan tersendiri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam hal ini mencoba mensolusikan yang tertuang dalam Permendikbud No. 14 Tahun 2018 Pasal 16 yang menjelaskan tentang Sistem Zonasi.

Sistem Zonasi bertujuan agar sekolah dapat menerima para calon siswa yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah berdasarkan domisili yang tertera pada data KK (Kartu Keluarga).

Nah bagaimana alur pendaftaran SIAP -PPDB Online? Berikut ini alur pendaftaran SIAP - PPDB Online

1. Calon siswa datang ke sekolah yang dituju dengan membawa persayaratan sesuai ketentuan
2. Siswa meminta formulir pendaftaran kepada Panitia bagian informasi dan pembagian formulir pendaftaran
3. Calon siswa mengisi formulir tersebut dengan meminta panduan kepada panitia
4. Setelah selesai, kembalikan formulir tersebut kepada panitia
5. Selanjutnya panitia akan memasukkan data pendaftaran ke komputer. Panitia akan melakukan verifikasi data serta berkas-berkas pendaftaran calon siswa.
6. Setelah data pendaftaran dinyatakan sah sesuai dengan ketentuan pendaftaran, maka panitia akan memberikan tanda bukti pendaftaran kepada calon siswa
7. Calon siswa menerima tanda bukti pendaftaran untuk dipergunakan sesuai aturan

Tapi ada pula jenis pendaftaran lainnya yaitu seperti gambar di bawah ini

Untuk informasi selanjutnya bisa dibaca di https://siap-ppdb.com/

Penulis: Rine Araro
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved