Berhubungan Seks dengan Banyak Pasangan Bisa Terkena Kanker Serviks, Ini Penjelasannya

Dinas Kesehatan Provinsi Sulut menerangkan kanker serviks merupakan kanker peringkat I dari seluruh kanker di Indonesia pada perempuan

Ist
dr Maylan Daisy Mamudi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - KANKER Serviks atau kanker leher rahim adalah kanker yang bagian leher rahim yang letaknya setelah vagina.

Menurut dr Maylan Daisy Mamudi yang bekerja di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kanker serviks merupakan kanker peringkat I dari seluruh kanker di Indonesia pada perempuan (34,4 % pada kanker perempuan).

"Biasanya 60 hingga 70 persen yang datang ke dokter sudah dalam stadium lanjut sehingga tingkat kesembuhan rendah. Itu menyebabkan angka kematian yang tinggi," ujar dr Maylan Daisy Mamudi kepada Tribun Manado, Sabtu (26/5/2018) pagi.

Lanjut dr Maylan Daisy Mamudi yang baru saja mengikuti pelatihan dari Kemenkes mengenai kanker serviks di Jakarta bahwa diperkirakan 20 hingga 25 orang meninggal dunia per hari.

"Satu orang meninggal dunia per jam. Penyebabnya yaitu 99,7% adalah virus HPV (Human papiloma virus)," ujar dr Maylan Daisy Mamudi. 

Faktor resiko terkena penyakit ini kata dr Maylan adalah menikah muda di bawah usia 20 tahun, berhubungan seks dengan banyak pasangan, terpapar infeksi menular seksual (IMS), banyak melahirkan, merokok, dan defisiensi vitamin A, Vitamin C, Vitamin E.

Setiap perempuan berisiko terkena HPV penyebab kanker serviks.

"Gaya hidup juga menentukan untuk adanya risiko terkena kanker serviks. Agar terhindar yakni tidak merokok, menikah jangan di usia muda (di bawah 20 tahun) ikut program KB, makan makanan sehat dan bergizi, serta berhubungan seks dengan tidak berganti-ganti pasangan," ujar dr Maylan Daisy Mamudi.

Untuk pencegahannya lanjut dr Maylan Daisy Mamudi bisa juga dengan vaksinasi, skrining dengan cara pemeriksaan Pap smear dan pemeriksaan IVA.

"Lakukan pemeriksaan tanpa menunggu ada keluhan," ujar dr Maylan Daisy Mamudi.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved