Inflasi April 2018 Tetap Terkendali

Inflasi IHK pada April 2018 mencapai 0,10 persen (mtm), melambat dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang tercatat 0,20% (mtm).

Inflasi April 2018 Tetap Terkendali
TRIBUN MANADO/HERVIANSYAH
Bank Indonesia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Inflasi IHK pada April 2018 mencapai 0,10 persen (mtm), melambat dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang tercatat 0,20% (mtm).

"Secara tahunan, inflasi IHK tercatat 3,41% (yoy) sehingga berada dalam kisaran sasaran inflasi 3,5±1% (yoy)," Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman melalui siaran persnya.

Terkendalinya inflasi didukung oleh deflasi volatile food dan perlambatan inflasi inti, sedangkan inflasi administered prices tercatat naik.

Inflasi inti yang terkendali tidak terlepas dari konsistensi kebijakan moneter Bank Indonesia dalam menjaga inflasi.

Inflasi volatile food yang mencatat deflasi dipengaruhi koreksi harga beberapa komoditas pangan.

Sementara itu, inflasi kelompok administered prices yang meningkat bersumber dari penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi.

Ke depan, inflasi diperkirakan tetap berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5±1% (yoy).

Koordinasi kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia dalam mengendalikan inflasi akan terus diperkuat terutama sebagai antisipasi meningkatnya inflasi volatile food didorong oleh  pola musiman bulan Ramadan dan Lebaran. (Tribun Manado/Herviansyah)

Penulis:
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved