Berikut ini Tujuh Kriteria Cawapres Ideal Jokowi Versi Pengamat Politik

Jokowi diminta tidak salah pilih dalam menentukan pendampingnya, jika salah pilih diyakini koalisi yang sudah dibentuk bisa bubar.

Berikut ini Tujuh Kriteria Cawapres Ideal Jokowi Versi Pengamat Politik
scmp.com
Jokowi Widodo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jokowi diminta tidak salah pilih dalam menentukan pendampingnya, jika salah pilih diyakini koalisi yang sudah dibentuk bisa bubar.

Pengamat politik ekonomi Indonesia Ichsanuddin Noorsy mengatakan ada tujuh kriteria yang harus dipenuhi jika ingin jadi pendamping Jokowi.

Kriteria pertama, yaitu Jokowi harus mencari cawapres yang diterima oleh kalangan Islam, baik dari kalangan Islam moderat maupun dari kalangan Islam garis keras.

“Kriteria kedua harus mampu memajukan perekonomian, karena situasi perekonomian yang makin lama makin tak menentu,” kata Ichsanuddin, dalam keterangannya, Senin (14/05).

Ketiga, pendamping Jokowi harus mampu mengendalikan partai-partai yang ada di DPR dan bertindak sebagai negarawan. “Sekarang sedang defisit negarawan, Jokowi harus mencari tokoh negarawan,” tuturnya.

Keempat, menurutnya cawapres Jokowi harus bisa merangkul kaum minoritas. Kelima, Cawapres Jokowi tidak boleh menjadi boneka negara manapun.

“Dia tidak boleh menjadi kepentingan perpanjangan tangan negara manapun,’ tambahnya.

Selanjutnya, kriteria keenam, cawapres Jokowi harus bisa memajukan Indonesia dari segi pendidikan guna peningkatan kualitas SDM Indonesia. Ketujuh, Cawapres Jokowi harus mampu mengangkat keterpurukan Indonesia dari segi sosial, ekonomi dan politik.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved