Seperti Inilah Pengaturan Jam Kerja ASN di Bolmong saat Ramadan

Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui BKPP akan melakukan penyesuaian waktu bagi para aparatur sipil negara

Seperti Inilah Pengaturan Jam Kerja ASN di Bolmong saat Ramadan
Dokumen TRIBUNMANADO
Sekretaris BKPP Bolmong Aldy Pudu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Umat Muslim tak lama lagi menjalankan akan mulai melakukan ibadah puasa selama sebulan.

Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) akan melakukan penyesuaian waktu bagi para aparatur sipil negara.

"Menghadapi bulan puasa 1439 Hijriah, Pemkab Bolmog akan mengurangi jam kerja para ASN," ucap Sekretaris BKPP Bolmong Aldy Pudul, Jumat (11/5).

Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadan, khususnya bagi ASN yang beragama Islam, pemkab melakukan penyesuaian jam kerja sesuai pentunjuk dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Jam kerja para aparatur akan berkurang dari biasanya. "Nantinya akan dikurangi sekitar satu jam setengah. 30 menit di waktu pagi dan 1 jam di waktu pulang," ungkapnya.

Aldy menambahkan, jika selama ini jam kerja PNS dimulai pukul 07.30 wita sudah harus masuk kantor. Maka, selama Ramadan nanti, jam masuk sedikit lambat 30 menit, dan waktu yang ditentukan masuk kantor pukul 08.00 Wita.

Sebaliknya juga dengan jam pulang ASN. Jika selama ini pulang pada pukul 16.00 wita, maka Ramadan dipercepat pukul 15.00 wita.

Jadwal tersebut berlaku hari Senin hingga Kamis. Sementara waktu istirahat juga telah diatur yakni pukul 12.00 wita hingga 12.30 wita.

Kemudian pada hari Jumat pulang kantor pukul 15.30 Wita. "Jam kerja ada perubahan. Jam masuk agak terlambat 30 menit dari waktu biasanya. Dan jam pulang lebih cepat satu jam dari biasanya. Karena, perubahan jam kerja akan memberikan kesempatan bagi ASN yang muslim, untuk mempersiapkan keperluannya untuk berbuka dan beribadah puasa," katanya.

Jadwal masuk kerja harus dimanfaatkan oleh ASN, dan tidak ada ASN yang terlambat masuk kantor.
Selain memberlakukan waktu kerja bagi ASN selama Ramadan. Pemkab juga akan mengatur kegiatan ASN lainnya. Seperti safari Ramadan maupun lainnya.

"Kalau safari Ramadan, kemugkinan masih sama dengan tahun sebelumnya dilakukan di tiap Kecamatan secara bergiliran," ujarnya.
Salat tarawih untuk Bupati nanti juga akan dijadwalkan. (kel)

Jam Kerja di Ramadan

1. Hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08:00-15:00 Wita
- Waktu Istirahat puku 12:00-12:30 Wita
2. Hari Jumat pukul 08:00-15:30 Wita
-Waktu Istirahat pukul 11:30-12:30 Wita

Sumber : BKPP Bolmong

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved