Sektor Konstruksi, Perdagangan dan Transportasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I

Sektor konstruksi, perdagangan dan transportasi menjadi pendorong utama peningkatan pertumbuhan ekonomi Sulut triwulan I 2018.

Sektor Konstruksi, Perdagangan dan Transportasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I
KOLASE TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Soekowardojo 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sektor konstruksi, perdagangan dan transportasi menjadi pendorong utama peningkatan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) triwulan I 2018.

"Sektor konstruksi mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,97 persen (yoy) dan memberikan sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi Sulut sebesar 0,89 persen (yoy)," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut Soekowardojo, Selasa (8/5/2018).

Pertumbuhan sektor konstruksi terutama didorong oleh pembangunan infrastuktur proyek strategis
nasional seperti Tol Manado-Bitung dan Bendungan Kuwil serta sejumlah proyek swasta
lainnya.

Kinerja pariwisata sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah menunjukkan perkembangan semakin membaik. Hal tersebut ditunjukkan oleh peningkatan jumlah wisman pada triwulan I tahun 2018 yang mencapai 29.413 orang atau meningkat 63,3% (yoy) dibandingkan pada tahun sebelumnya dan juga rata-rata lama tamu asing meningkat pada triwulan I tahun 2018 sebesar 12,31%.

Kondisi tersebut akan membawa multiplier effect ke sektor lainnya. Sektor penyediaan akomodasi dan makan minum meningkat sebesar 14,59% (yoy) dengan sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi Sulut sebesar 0,33% (yoy)Sektor transportasi dan pergudangan yang meningkat sebesar 9,38% (yoy) dengan sumbangan terhadap pertumbuhan 0,84% (yoy) dan Perdagangan Besar dan Eceran yangmeningkat sebesar 6,57% (yoy).

Dengan sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi Sulut sebesar 0,86%(yoy). Selanjutnya, kinerja Sektor Pertanian pada periode tersebut tumbuh sebesar 3,76% (yoy) yang menjadi sumber pertumbuhan sebesar 0,73% (yoy) kembali meningkat.

Penulis:
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved