Seperti Inilah Pemeriksaan Papsmear untuk Mendeteksi Kanker Serviks di Bolsel

Dalam proses pemeriksaan tersebut beberapa pihak terkait, menurunkan kurang lebih sembilan orang petugas

TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Persiapan pemeriksaan penyakit tidak menular 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Mengendalikan penyakit tidak menular seperti obesitas, diabetes melitus, hipertensi, dan kanker serviks, Dinas Kesehatan melalui Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit mengadakan kegiatan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara.

Kegiatan yang dilaksankan sejak Kamis (3/5) sampai Jumat (4/5), dipusatkan di Kecamatan Bolaang Uki dan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

"Kami bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) BKKBN Sulut, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bolsel, dan Dinas Pengendalian Penduduk KAB dan PPPA Bolsel," ujar Kepala Seksi PPTM yang juga Koordinator Kegiatan, Lispang B Ntutu. Jumat (4/5).

Dijelaskannya untuk screening pada usia produktif sebanyak 111 orang, dan untuk deteksi kanker serviks melalui pemeriksaan IVA dan papsmear sebanyak 27 orang.

"Untuk IVA dan papsemar kita dapati ada enam orang positif, masih menunggu hasil laboratorium sekitar dua pekan," ujar Fani sapaan akrabnya.

Pemeriksaan juga dilakukan untuk beberapa jenis penyakit di antaranya, obesitas sebanyak 26 orang, hipertensi sebanyak 54 orang, kolesterol 24 orang, gula darah 26 orang, 18 orang asam urat.
"Screening kita laksanakan pada usia produktif mulai 15-59 tahun," ujarnya.

Dalam proses pemeriksaan tersebut beberapa pihak terkait, menurunkan kurang lebih sembilan orang petugas untuk memaksimalkan pemeriksaan dan pemberian obat.

Di antaranya Kepala Bidang P2P Asni Mayulu, Kasie PPTM Lispang B Ntuntu, Restya Tambun, Monalisa Kolopita, Siti Marsiani Gobel, Gita Bunsal, Rena Mongilong, Shinyin Gaspakadir, dan Wiwik Utami.

Sementara itu, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (KB) Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) dan PC Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Kabupaten Bolsel memperingati Hari Kartini tahun 2018 dengan cara yang berbeda.

Mengandeng Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel, BKKBN Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI), menggelar Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja (KIE KRR) di Kecamatan Bolaang Uki dan Kecamatan Tomini, Kamis-Jumat (3-4).

"Kami melakukan pemeriksaan IVA test dan papsmear dengan sasaran wanita usia produktif 15-59 tahun," ujar Kepala Bidang KB Bolsel Selpiana Deowali saat melakukan pemeriksaan.

Untuk pemeriksaan atau deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) sudah dilakukan di Kampung KB Desa Tolondadu 1, Kecamatan Bolaang Uki.

"Dari 27 orang yang melakukan tes IVA dan papsmear ada enam orang positif, dilakukan pemeriksaan lanjutan di laboratorium," ujarnya. (lix)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved