Breaking News:

Metode Sainte Lague Bakal Diterapkan di Pemilu 2019

Pemilu 2019 nanti, metode yang akan diterapkan yakni metode sainte lague atau yang lebih dikenal dengan konversi suara.

TRIBUN MANADO/INDRY PANIGORO
Yessy Momongan dan Ardiles Mewoh 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemilihan Umum (Pemilu) tak lama lagi.

Pesta rakyat yang digelar serentak itu, nantinya akan dilaksanakan pada 2019.

Jika di tahun-tahun sebelumnya pesta demokrasi itu menerapkan metode bilangan pembagi pemilih (BPP), tapi untuk pemilu 2019 nanti, metode yang akan diterapkan yakni metode sainte lague atau yang lebih dikenal dengan konversi suara.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Sulut Yessy Momongan yang didampingi Komisioner KPU Sulut Ardiles Mewoh.

"Metodenya Sainte lague pemilu untuk 2019" kata Momongan dan Mewoh kepada TribunManado.co.id, Kamis (03/5/2018) sore kemarin.

Terkait metodenya, untuk pemilu di tahun depan, sistemnya sama-sama habis dibagi di dapil, atau dengan kata lain suara habis di dapil.

Untuk metode yang digunakan di tahun-tahun sebelumnya jelas berbeda dengan metode yang akan diterapkan di 2019 yakni konversi suara.

Hal itu karena sistem yang lama atau yang lebih dikenal BPP itu, suaranya tidak berdasarkan peringkat 1, 2, 3, 5,7 dan seterusnya tetapi berdasarkan bilangan pembagi pemilih.

"Nah kalau untuk sainte lague ini berdasarkan peringkat suara. Itu bisa dilihat di vide Pasal 420, UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum," kata Komisioner.

"Nantinya suara sah tiap partai politik dibagi dengan bilangan pembagi  1,3,5,7,9,11. Setelah itu setiap pembagiannya nanti akan ditentukan peringkatnya berdasarkan nilai terbanyak. Dimana dari hasil bahagi itu hasil terbanyak akan menentukan jumlah kursi. Setelah menentukan jumlah kursi dari hasil pembagian itu, nanti akan diketahui jumlah dan dari situ juga bisa ditentukan berdasarkan peringkat," jelasnya. (Tribunmanado.co.id/Indri Panigoro)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved