Komisi V DPR RI 'Kuliti' PT Wika di Lokasi Overpass Ambruk Tol Manado-Bitung

Komisi V DPR RI tampil 'garang' saat meninjau lokasi ambruk jembatan overpass Tol Manado Bitung di Desa Tumaluntung, Minahasa Utara.

Komisi V DPR RI 'Kuliti' PT Wika di Lokasi Overpass Ambruk Tol Manado-Bitung
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Komisi V DPR RI. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Komisi V DPR RI tampil 'garang' saat meninjau lokasi ambruk jembatan overpass Tol Manado Bitung di Desa Tumaluntung, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (30/4/2018).

Duo pimpinan Komisi V, Fary Djemy Francis (Gerindra) Ketua Komisi V dan Sigit Sosiantomo (PKS) Wakil Ketua Komisi V 'menguliti' PT Wika sebagai kontraktor pelaksana proyek Tol Manado Bitung

Fary mengatakan, Tol Manado Bitung sebenarnya merupakan satu proyek yang kena moratorium pascakasus rentetan kecelakaan kontruksi. Bulan Februari dimoratorium namun 19 hari berikutnya moratorium dicabut.

Pencabutan moratorium dengan pertimbangkan akan ada peningkatan Standar Operasional Prosedur dalam setiap penangan proyek yang dikerjakan BUMN Karya.

Satu hal juga dievaluasi menyangkut Quality,Health, Safety, Security, and Environment (QHSSE) di setiap BUMN Karya.

"Ada beberapa kejadian moratorium. Tol Manado Bitung salah satu yang dimoratorium. Sebelum moratorium tidak terjadi apa-apa, namun kenapa setelah moratorium malah ambruk?"ujarnya.

Sesuai yang disampaikan Menteri Basuki Hadimuljono ketika rapat kerja dengan Komisi V pencabutan moratorium berarti SOP diperketat dengan harapan tak ada kasus kecelakaan kontruksi berulang apalagi sampai menimbulkan korban jiwa.

"Lalu apa yang diperketat setelah moratorium, yang berkaitan dengan SOP," ujarnya.

Fajar, Enginer yang ditugaskan PT WIKA mendampingi Komisi V menjelaskan, semua tahapan kontruksi sudah dilakukan sesuai peosedur.

Ia mengatakan, setiap langkah itu dilakukan secara detail.

"Contoh pengecoran di ketinggian itu ada SOP sendiri, pengecekan juga ada SOP sendiri," kata Fajar.

Namun Komisi V tidak puas dengan penjelasan tersebut, Fary mengatakan jika sudah sesuai prosedur harusnya tak ada korban jiwa. (Tribun Manado/Ryo Noor)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved