Hasil Penelitian: Ternyata Cokelat Hitam Bisa Bikin Pintar

Studi yang dilakukan Loma Linda University (LLU) itu menemukan hasil bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan berbagai kemampuan otak.

Hasil Penelitian: Ternyata Cokelat Hitam Bisa Bikin Pintar
dailystar.co.uk
Cokelat hitam 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jika selama ini publik kerap mencari alasan tepat untuk makan cokelat hitam, dua studi terkini membuktikan cokelat hitam dapat membuat orang menjadi lebih pintar.

Studi yang dilakukan Loma Linda University (LLU) itu menemukan hasil bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan berbagai kemampuan otak.

"Semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya terhadap daya kognisi, ingatan, suasana hati, imunitas dan efek-efek positif lainnya," kata pimpinan kedua studi dan dekan asosiasi penelitian Loma Linda University, Lee S. Berk, seperti dikutip The Daily Meal.

Hal ini ditemukan lewat analisis yang tim studi lakukan terhadap otak sejumlah partisipan studi. Pertama-tama, partisipan studi mengonsumsi 48 gram cokelat hitam dengan kandungan kakao sebesar 70 persen. Tim studi kemudian melakukan tes elektroensefalografi (EEG) untuk mengukur aktivitas otak mereka.

Studi ini adalah pertama kalinya peneliti melihat dampak dari konsumsi cokelat dengan kandungan kakao yang tinggi terhadap manusia, dalam jangka waktu yang pendek atau panjang. Sebelumnya, selama bertahun-tahun, peneliti hanya berfokus pada pengaruh kandungan gula di dalam cokelat hitam terhadap fungsi neurologis.

"Semakin banyak kandungan gula, semakin bahagia kita," kata Berk.

Namun ternyata, selain kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung, cokelat hitam juga punya manfaat kesehatan positif lainnya.

Mempertajam daya ingat ini menambah daftar panjang khasiat cokelat hitam yang sudah mendapat penjelasan ilmiah sebelumnya. Di antaranya, cokelat hitam baik untuk jantung dan sirkulasi darah, mengurangi risiko stroke, kaya akan mineral, mengurangi kolesterol dan baik untuk kulit.

Selain itu, konsumsi makanan ini juga baik untuk ibu hamil dan bayi, mencegah diabetes, membuat perasaan lebih baik dan juga membantu dalam upaya menurunkan berat badan.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved