Terinspirasi dari Korea, Presiden Taiwan Tawarkan Perdamaian dengan Pemimpin China

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan kesediaan bertemu dengan Pemimpin China Xi Jinping untuk membahas masalah perdamaian

Terinspirasi dari Korea, Presiden Taiwan Tawarkan Perdamaian dengan Pemimpin China
Kompas.com
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen 

 
TRIBUNMANADO.CO.ID, TAIPEI - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan kesediaan bertemu dengan Pemimpin China Xi Jinping untuk membahas masalah perdamaian dan stabilitas hubungan kedua pihak.

"Pemerintahan kami akan bersedia melakukan apa pun yang dapat membantu terjadinya perdamaian dan stabilitas," kata Tsai saat ditanya pada Jumat (27/4/2018) kemungkinan dirinya mempertimbangkan pertemuan dengan Xi Jinping.

"Pertemuan dengan pemimpin China bisa dilangsungkan tanpa prakondisi politik dan pada pijakan yang sama."

"Dengan dasar-dasar itu saya percaya tidak ada pemimpin Taiwan yang akan menolak," tambah Tsai dilansir AFP.

Komentar itu disampaikan Tsai Ing-wen dengan menyebut pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang sedang digelar di desa perbatasan, Panmunjom, Jumat (27/4/2018).

Mengenai pertemuan kedua Korea, Tsai berharap pertemuan antara Moon Jae-in dengan Kom Jong Un menjadi satu langkah besar menuju stabilitas wilayah Korea.

"Taiwan siap berkontribusi secara aktif bekerja sama dengan komunitas internasional mempromosikan perwujudan perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut," kata Kementerian Luar Negeri Taiwan dalam pernyataannya.

Beijing masih menganggap Pulau Taiwan sebagai bagian dari negaranya dan masih mengharapkan adanya reunifikasi.

Hubungan antara China dengan Taiwan pernah mencair saat Taipei di bawah kepemimpinan Ma Ying-jeou pada 2008-2016. Puncaknya saat Ma bertemu dengan Xi Jinping di Singapura pada 2015.

Saat itu pemerintahan Ma mengakui apa yang disebut "Konsensus 1992" yang mengakui "satu China" tanpa secara spesifik menyebut Beijing atau Taipei sebagai perwakilan yang sah.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved