Sentimen Eksternal Rontokkan Pasar, Saham Indonesia Sempat Rebound

Pasar keuangan dalam negeri tak kuasa menahan sentimen eksternal. Padahal, fundamental Indonesia dinilai tak bermasalah.

Sentimen Eksternal Rontokkan Pasar, Saham Indonesia Sempat Rebound
afp
IHSG 


TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pasar keuangan dalam negeri tak kuasa menahan sentimen eksternal. Padahal, fundamental Indonesia dinilai tak bermasalah.

Kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 2,81% dan tercecer ke level 5.909,19, terendah sepanjang tahun ini.

Kurs rupiah sempat ambruk ke level Rp 13.975 per dollar AS pada Senin (23/4) lalu. Ini jadi level terburuk sejak 2015 silam.

Aksi jual di pasar saham juga terus terjadi. Bahkan, rilis kinerja emiten kuartal I-2018 gagal menopang IHSG.

Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), mengatakan, sejatinya secara fundamental, kinerja 48 emiten yang sudah merilis laporan keuangan kuartal I-2018 naik 21,15%. Nilai yield dividen juga tumbuh 3% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 2,56%.

Para pakar masih yakin sejatinya fundamental Indonesia positif. Katarina Setiawan, Chief Economist & Investment Strategist Manulife Aset Manajemen Indonesia mengatakan, keperkasaan ekonomi Indonesia terlihat dari cadangan devisa yang cukup besar untuk menjaga rupiah.

Kemarin, Gubernur BI Agus Martowardojo juga menyampaikan, BI tidak menutup kemungkinan menyesuaikan suku bunga acuan jika pelemahan rupiah mengancam stabilitas sistem keuangan.

Ekonom BCA David Sumual menambahkan, pernyataan ini cukup melegakan pasar.

"Paling tidak, ada sinyal dari BI bahwa tidak menutup kemungkinan itu. Sebelumnya ini misteri," kata David.

Menurut Kepala Riset Koneksi Kapital Sekuritas Alfred Nainggolan, sejatinya secara fundamental tak ada yang salah dengan pasar dalam negeri.

Keputusan investor keluar dari pasar saham bukan karena kondisi fundamental IHSG yang buruk, melainkan karena faktor global.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved