Warga Duga Dana Desa Dimainkan Sangadi, Adnan Minta Pemerintah Bolmong Turun Cek Jalan Perkebunan

Warga Desa Bintau, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, menduga dana desa (DD) tahun 2017 dimaikan Sangadi.

Warga Duga Dana Desa Dimainkan Sangadi, Adnan Minta Pemerintah Bolmong Turun Cek Jalan Perkebunan
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Jalan Perkebunan Lolan-Tapak Lotung, Kamis (26/4/2018) baru selesai dikerjakan dua minggu lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Warga Desa Bintau, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, menduga dana desa (DD) tahun 2017 dimaikan Sangadi.

Pasalnya pembuatan jalan perkebunan Lolan-Tapak Lotung di Desa Bintau, Lingkungan dua, Passi Barat, pekerjaannya tidak sesuai anggaran.

Menurut Adnan Mokodompit (42), warga Desa Bintau, anggaran pembuatan jalan perkebunan sebesar Rp 645 juta rupiah, dana ini diambil dari dana desa tahun 2017.

Kenyataan di lokasi, dana yang dikeluarkan tidak sesuai dengan pekerjaan.

"Saya sudah beberapa kali datang meninjau pekerjaan jalan tersebut, tidak sesuai perencanaannya," ujar Adnan Mokodompit, Kamis (26/4/2018).

Hasil peninjauan bersama masyarakat Desa Bintau, pekerjaan dan papan proyek berbeda, tertera di papan proyek jumlah pembuatan gorong-gorong tiga, namun hanya dibangun dua. Kualitas batu yang pakai untuk jalan landasan jalan tidak berkualitas.

Panjang pekerjaan 2000 meter dikerjakan 1750 meter.

Pekerjaan jalan perkebunan baru selesai 100 persen dua minggu lalu, menurut laporan Sangadi, namun kenyataan di lapangan sangat memperhatinkan.

Lanjut dia, papan proyek pekerjaan jalan sudah dua kali dilakukan revisi, pertama anggarannya Rp 415 juta rupiah Kemudian diganti menjadi Rp 645 juta rupiah.

"Kami telah menayakan hal ini kepada pihak Sangadi, namun jawabnya adalah pekerjaan sudah sesuai rencana anggaran biaya (RAB) dan tidak ada temuan dari inspektorat Bolmong," ujar Adnan Mokodompit.

Halaman
123
Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved